387 Jemaah MES 01 Diberangkatkan ke Makkah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Makkah – Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia dari Madinah ke Makkah sudah dimulai. Sebanyak 387 jemaah kloter pertama Embarkasi Medan (MES 01) menjadi yang perdana diberangkatkan pada Sabtu (5/8) sore.

Rombongan dilepas oleh Konjen RI M Hery Saripuddin di Shourfah New Hotel, Madinah. Pelepasan dilakukan setelah koper, tas, dan jemaah sudah berada pada sembilan bus yang akan mengantar mereka. Seremonial pelepasan ditandai dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Konjen RI ke perwakilan jemaah haji, dilanjutkan pemakaian surban oleh pihak Muassasah Adilla kepada perwakilan jemaah.

“Hari ini, kita untuk pertama kalinya memberangkatkan jemaah dari Madinah ke Makkah. Kloter pertama dari Medan. Alhamdulillah jemaah sudah melaksanakan Arbain dan semoga diterima Allah,” harap Hery Saripuddin.

“Tentu saja perjalanan masih cukup panjang. Kami mengimbau jemaah agar tetap jaga kesehatan dan fokus pada ibadah. Kami komit untuk membantu kelancaran ibadah haji jemaah. Semoga mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat,” sambungnya.

Total jemaah MES 01 yang tiba di Madinah berjumlah 389 orang. Dua di antara mereka sakit sehingga belum bisa diberangkatkan menuju Makkah.

“Mereka akan diberangkatkan jika kondisinya memungkinkan,” kata Kepala Daker Madinah Amin Handoyo.

Dari hotel, bus menuju Bir Ali untuk miqat dan niat ihram. Dalam catatan sejarah, Bir Ali adalah miqat Nabi Muhammad SAW saat menunaikan Haji Wada’. Tempat ini berjarak kurang lebih 9 kilometer dari Kota Madinah.

Para jemaah yang sudah mengenakan ihram sejak dari hotel kemudian salat sunnah dan bersiap berangkat ke Mekah. Sebelum berangkat, petugas Sektor Bir Ali mengecek jemaah dan dokumennya untuk memastikan semuanya siap berangkat ke Makkah dan menjalankan ibadah umrah. Sampai sebelum tiba waktu Magrib, seluruh bus yang membawa jemaah sudah diberangkatkan menuju Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini