Mulai 2030, Sepedamotor Dilarang Melintas di Ibukota Vietnam

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Hanoi – Ibukota Vietnam, Hanoi, akan “bebas” dari sepedamotor pada 2030. Selasa (4/7) kemarin, otoritas terkait menyetujui rencana tersebut, setelah sebelumnya mewacanakan aturan yang sama, tetapi pada tahun yang lebih cepat, 2025.

Melansir Reuters, pihak berwenang pertama kali mempertimbangkan melarang sepedamotor tahun lalu, atas alasan demi lalu lintas dan udara yang lebih baik.

Diprediksi, Hanoi akan punya 6 juta sepedamotor dalam tiga tahun ke depan. Jika hal ini tidak diantisipasi, maka dikhawatirkan jalan-jalan akan jadi “tempat parkir massal”.

Di bawah skema ini, pemerintah kota secara bertahap akan membatasi sepedamotor di daerah-daerah tertentu terlebih dulu, lalu kemudian berlaku semakin luas.

Pemerintah kota akan mempersiapkan segala infrastruktur transportasi umum. Termasuk di antaranya pembangunan jaringan kereta api yang mulai berjalan sejak satu dekade sebelum larangan berlaku.

Meski begitu, tetap saja ada kekhawatiran atas aturan ini. Salah satunya adalah aturan ini dianggap tidak akan efektif, mengingat sistem transportasi publik yang masih buruk serta kondisi ekonomi yang memang memungkinkan pembelian sepedamotor terus naik.

Pelarangan sejenis sebetulnya telah diterapkan di Jakarta. Beberapa ruas sudah tidak diperbolehkan lagi dilintasi sepedamotor. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini