Rayakan HUT RI, KAHMI dan Forhati Susuri Sungai Binjai Tanam Pohon dan Lakukan Penyuluhan Lingkungan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 tahun, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) bersama Forhati Sumut berkolaborasi dengan masyarakat kota Binjai melakukan aksi susur sungai, penanaman pohon, penyuluhan lingkungan DAS dan literasi di lokasi Kelurahan Rambung Timur, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Selasa, 13 Agustus 2024.

Antusias tinggi masyarakat menyambut perhelatan ini, bergotong royong mensukseskannya.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Amas Mansyur Siregar, ST, Plt Kalaksa BPBD Rudi Iskandar Baroes ST, Plt Kepala Dinas Sosial, Eka Firman SinurayabST, Camat Binjai Selatan, Muhammad Fauzi SIP MM dan para lurah dijajarannya, juga ada TAGANA dan Karang Taruna Binjai Selatan.

Dra Indrayani MSi, Kepala Biro Lingkungan Hidup KAHMI Sumut, sebagai inisiator kegiatan ini menjelaskan bahwa air sumber kehidupan bagi makhluk hidup untuk itu perlu dijaga kelestariannya.

Selain itu daerah sepanjang aliran sungai di Binjai rawan banjir, sementara air sungai relatif bersih dan asri, sayang kalau potensi yang ada tidak dimanfaatkan maksimal untuk kelestarian lingkungan dan juga bernilai ekonomi.

“Masih banyak masyarakat di sekitar DAS yang butuh perhatian, bila sungai ini kita manfaatkan menjadi lokasi wisata susur sungai tentunya akan menambah pendapatan masyarakat sekitar,” tutur Indrayani yang juga Dosen di UMSU.

Sambutan dari Ketua Umum KAHMI Sumatera Utara, Rusdi Lubis SH MMA yang didampingi Sekretaris Umum, Dadang Darmawan Pasaribu, SSos MSi dan Ketua Bidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, DR Ir Indra Sakti Haraha MSi, menyampaikan bahwa prinsip KAHMI adalah menanamkan rasa cinta, dengan cinta maka kita siap berkorban untuk kebahagiaan sesama. Pelestarian lingkungan hidup adalah kewajiban kita, agar masyarakat terbantu khususnya di daerah aliran sungai.

“KAHMI siap membantu masyarakat dalam melestarikan lingkungan, khususnya daerah aliran sungai yang rawan banjir, ini sebagai pengabdian kami untuk masyarakat agar terwujud kebahagiaannya,” janji Rusdi yang masih sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara.

Partisipasi masyarakat Rambung Timur sangat antusias pula menyambut acara ini, masyarakat bergotong royong untuk mensukseskan kegiatan ini dibawah kepemimpinan Juanda Sukma, STb MTr AP sebagai Lurah Rambung Timur.

Rangakaian acara dimulai dari susur sungai sembari kutip sampah plastik. Penanaman bibit pohon aren di sepanjang bantaran sungai, penyuluhan pelestarian dan konservasi sungai oleh Prof DR Ir Abdul Rauf MP sebagai moderator penyuluhan, DR Wardatul Husna Irham SSi MPd, bahkan Prof Rauf memberikan 200 bibit gratis kepada masyarakat.

Edukasi dan Game anak dalam kegiatan Literasi Forhati Binjai dan pengukuhan pengurus Masyarakat Tanggap Bencana dan Konservasi Sungai (MANTAP Kali) sebagai ketua terpilih Angga Pratama Mirda.

Ketua panitia kegiatan Dra Rugaya Syafrinalita, MSi, mengungkapkan rasa terima kasihnya karena acara berjalan dengan sukses.

Serasi Malem Sitepu menanam pohon

Turut hadir Presidium Forhati Sumut Yenny Susanti Siregar ST, Serasi Malem Sitepu SPd serta jajaran pengurus, Ketua DEMA, Joni Kurniawan, pengurus Kahmi Sumut DR Muazzul, SH MHum, Hasriani Daulay MSi, Edwar Pontas Harahap SP, Muhammad Dahlan Siregar SAg. Ketua Umum KAHMI Binjai Hery Dani Lubis, MAP dan jajaran pengurus serta Presidium Forhati Binjai, Mariani Sitepu SPd, Nurdiana, SAg MM, Nofariani SPd dan jajaran pengurus, juga HMI Komisariat MIPA USU dan MIPA UNIMED, yang dikoordinir oleh Bela Citra Putri Sejati dan Ahmad Fauzi Rizki. (red)

Berita Terkini