Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Awan Panas Sejauh 5 Km

Gunung Sinabung Erupsi
Gunung Sinabung Erupsi (dok istimewa)

MUDANEWS.COM, Karo – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara,  menyemburkan awan Panas Guguran teramati dengan jarak luncur 1500-2500 meter dari puncak, dan arah luncuran ke arah timur, tenggara hingga selatan.

Guguran teramati dengan jarak luncur 100-2000 meter dari puncak, dan arah luncuran ke arah timur, tenggara hingga selatan pada Selasa (2/3/2021), mulai pukul 06.42 WIB.

“Awan panas guguran dengan jarak luncur 2000 hingga 5000 m ke arah tenggara timur, disertai kolom asap setinggi 4000 hingga 5000 m dari tubuh aliran awan panas guguran. Hingga pukul 08.20 WIB telah terjadi 13 kali kejadian awan panas guguran,” jelas Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen dalam pers rilisnya kepada mudanews.com.

Erupsi eksplosif masih berpotensi terjadi, namun ancamannya hingga saat ini masih berada pada radius rekomendasi pada Level III (Siaga).

“Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa–desa yang sudah di relokasi, di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius 4 km untuk sektor timur – utara, dalam jarak 5 km untuk sektor Selatan-timur Gunung Sinabung,” kata Armen.

Jika terjadi hujan abu, Armen menghimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” ujar Armen. (red)