Banjir Seputaran Perbaungan, Kapolres Sergai Tinjau Bendungan Pintu DAM Sungai Baungan

Banjir Seputaran Perbaungan, Kapolres Sergai Tinjau Bendungan Pintu DAM Sungai Baungan
Polres Sergai bergerak cepat yang dipimpin langsung Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum meninjau pembukaan pintu DAM Bendungan di Sungai Baungan yang debit airnya cukup tinggi.

MUDANEWS.COM, Serdang Bedagai – Curah hujan yang tinggi malam tadi menyebabkan seputaran Perbaungan mengalami kebanjiran. Bahkan genangan air yang tak mampu ditampung oleh buruknya drainase sempat menggenangi Kantor Polsek Perbaungan serta permukiman warga setempat.

Melihat kondisi ini Polres Sergai bergerak cepat yang dipimpin langsung Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum meninjau pembukaan pintu DAM Bendungan di Sungai Baungan yang debit airnya cukup tinggi. Dengan dibukanya Pintu DAM debit air itupun segera mengalir sehingga dapat mengurangi genangan banjir di seputaran Perbaungan.

Pantauan media, Rabu (6/1/2021) dilokasi Pintu DAM Sungai Baungan Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum beserta jajaran bekerja keras untuk membuka Pintu DAM yang mengalami kerusakan.

“Dengan kerja bareng seluruh tim pada akhirnya Pintu DAM itu dapat dibuka kembali,” kata AKBP Robin Simatupang SH MHum.

Untuk mengantisipasinya, Kapolres Sergai bersama Pemda setempat dan Dinas PUPR segera melakukan perbaikan Pintu DAM agar tidak macat lagi bila sewaktu-waktu debit air naik lagi.

“Banjir yang terjadi ini disebabkan oleh faktor alam serta buruknya drainase yang ada. Sehingga curah hujan yang tinggi malam tadi tidak mampung tertampung oleh drainase yang tersumbat hingga menggenangi permukiman masyarakat disini,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Plt Camat Perbaungan Erfin Fachrurazi SSTP menuturkan bahwa curah hujan yang tinggi malam tadi mengakibatkan sebagian permukiman warga mengalami kebanjiran.

“Air juga sempat menggenangi Kantor Camat Perbaungan. Begitupun jalan alternatif Desa Jambur Pulau menuju Desa Sukajadi terputus disebabkan debit air di parit pembuangan meluap,” ungkap Erfin Fachrurazi SSTP.

“Kami bersama-sama Muspika Kecamatan Perbaungan sudah melakukan peninjauan langsung dilokasi banjir, dan mudah-mudahan banjir ini cepat surut,” tambahnya.

Turut hadir Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum didampingi Kasat Reskrim AKP Pandu Winata SIK SH MH, Kasatlantas AKP Agung Basuni SIK, Kapolsek Perbaungan AKP V. Simanjuntak, Plt Camat Perbaungan Erfin Fahrurazi SSTP, Mantan Kades Kota Galuh Heriansyah. Berita Serdang Bedagai, Rasum Santarwi