Oknum Dokter IGD Tak Berpenghuni, Puskesmas Desa Teluk Abaikan Pelayanan Kesehatan Prima

Oknum Dokter IGD Tak Berpenghuni, Puskesmas Desa Teluk Abaikan Pelayanan Kesehatan Prima
Ruangan dokter Puskesmas Desa Teluk Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Puskesmas Desa Teluk Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Sumatera Utara diduga abaikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Desa Teluk. Padahal Puskesmas tersebut sudah terakreditasi dan memiliki anggaran (jasa medis) untuk dokter jaga malam dalam rangka memenuhi pelayanan kesehatan yang prima.

Berdasarkan pantauan mudanews.com pada Sabtu malam (21/11/2020) sekira pukul 22.00 WIB bahwa ditemukan pintu pagar depan Puskesmas desa Teluk kecamatan Secanggang dalam keadaan tertutup rapat.

Oknum Dokter IGD Tak Berpenghuni, Puskesmas Desa Teluk Abaikan Pelayanan Kesehatan Prima
Pagar depan Puskesmas Desa Teluk yang tertutup rapat

Tidak adanya ditemukan oknum dokter di ruang IGD Puskesmas desa Teluk Kecamatan Secanggang saat adanya pasien yang sedang ingin berobat ke Puskesmas yang sudah terakreditasi tersebut.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pelayanan Kegawatdaruratan pada pasal 12 ayat 1 di atur bahwa Dokter atau Dokter Gigi pada Puskesmas, Klinik, praktik mandiri Dokter atau praktik mandiri Dokter Gigi, dan Rumah Sakit merupakan penanggung jawab Pelayanan Kegawatdaruratan.

Sedangkan pada ayat 3 nya di atur juga terkait dalam hal Pelayanan Kegawatdaruratan diselenggarakan di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit, penanggung jawab Pelayanan Kegawatdaruratan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 harus dokter atau dokter spesialis.

“Tidak ada dokternya setiap malam, hanya on call (via telpon-red),” ucap salah seorang pria yang berpakaian biasa tanpa mengenakan seragam medis seperti seorang TKS yang sedang berjaga pada Sabtu (21/11/2020) malam, tak terlihat tenaga kesesehatan yang berpakaian PNS di lokasi saat itu.

Sedangkan Puskemas tersebut sudah terakeditasi, uang jasa medis jaga malam dokternyapun ada dan uang jasa medis tersebut diduga selalu diterima oleh oknum dokter yang bertugas. Setiap yang jaga malam, ada uang jaga malamnya, apalagi ada dokternya.

Sementara, Kepala Puskesmas desa Teluk dr. ED saat dikonfirmasi terkait persoalan tersebut, belum membalas hingga berita ini diterbitkan.

Seharusnya, Puskesmas yang sudah terakreditas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan salah satu misi Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin yakni meningkatkan pelayanan kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas SDM.

Kita harapkan Plt Kadinkes Pemkab Langkat, dr Sadikun Winoto yang sudah berpengalaman dapat menuntaskan masalah tersebut, mengingat Puskesmas desa teluk merupakan koridor di lingkungan Dinas Kesehatan Pemkab Langkat. Berita Langkat, red