Duta Kebersihan Kabupaten Karo 2020

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) bermitra dengan Lutheran World Relief (LWR) dalam program Kopi Nande yang mengangkat isu-isu kebersihan dan kesehatan di Kabupaten Karo, khususnya di 5 Desa dampingan Yayasan PKPA yaitu, Desa Sikab, Desa Penampen, Desa Bulanjulu, Desa Bulanjahe yang berada di Kecamatan Barusjahe, dan Desa Lingga yang berada di Kecamatan Simpang Empat mengadakan kegiatan “Penyerahan Hadiah Duta kebersihan Se Kabupaten Karo 2020” di Aula Kantor Bupati Karo yang dihadiri kurang lebih 35 peserta. Senin (28/9).

Hal ini dikarenakan situasi COVID-19 yang membuat panitia membatasi jumlah peserta dalam kegiatan langsung ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan mengutus orang orang pilihan yang mampu mengkampanyekan nilai-nilai kebersihan dan kesehatan.

Perlombaan Pemilihan Duta Kebersihan Kabupaten Karo 2020 mengangkat Tema “Peran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan. Peserta lomba dituntut untuk membuat video aksi berdurasi maksimal 5 menit dengan memperlihatkan kerjasama antara laki-laki dan perempuan.

Duta Kebersihan Kabupaten Karo 2020
Duta Kebersihan Kabupaten Karo 2020.

Sebelumnya, kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 09-23 September 2020 sebagai masa pendaftaran, dan penerimaan video dengan total 42 peserta yang tercatat melakukan pengiriman video aksinya yang terdiri dari kategori pelajar dan kategori dewasa.

Kemudian pada tanggal 26 September 2020 adalah pengumuman kejuaraan yang dilakukan dengan seluruh peserta secara virtual melalui Zoom Meeting, yang mana penilaian video langsung dinilai oleh Dewan Juri seperti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina S. Meliala, M.Kes, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Eddi Surianta Surbakti, M.Pd, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hesti Maria br Tarigan SH, dan Kasi. Pengelolaan Limbah Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Elda Arnaeva Sitepu, S.Si.

Dalam sambutannya, drg. Irna menyampaiakan bahwa Duta kebersihan yang terpilih bisa menjadi agen pada tempat dan lingkungannya masing-masing terlebih dahulu.

“Duta Kebersihan yang sudah terpilih tidak hanya menjadikan kemenangannya untuk gaya-gayaan saja akan tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina S. Meliala, M.Kes.

Terdapat 3 pemenang untuk kategori pelajar yaitu :

  1. Abdi Semesta Sitepu (Desa Batu Mamak, Kecamatan Tigabinanga).
  2. Pri Manda Barus (Simpang Ujung Aji, Berastagi).
  3. Febiyola br Purba (Jalan Kotacane, Kabanjahe).

Terdapat 3 pemenang untuk kategori dewasa yaitu :

  1. Ade Silvianinta br Sitepu (Desa Bulanjahe, Kecamatan Barusjahe).
  2. Feby Tria Lesmana (Desa Raya, Kecamatan Berastagi).
  3. Ferson Rolando Munthe (Desa Merek, Kecamatan Merek).

Salah satu diantaranya merupakan peserta dari desa dampingan program Kopi Nande Yayasan PKPA, yaitu Desa Bulanjahe. Dalam hal ini para pemenang mendapatkan uang tunai, dan Piagam pengahargaan.

Tidak hanya itu, para peserta juga akan bersama-sama dengan program Kopi Nande untuk membantu mengkampanyekan nilai-nilai kebersihan dan kesehatan demi meningkatkan taraf kebersihan dan kesehatan di Kabupatan Karo.

Sebagaimana dalam kalimat penutup koordinator lapangan program Kopi Nande, Iakui Pelawi meneriakkan “Bumi Turang Bersih. Tanah Karo Sehat”. Berita Karo, red

- Advertisement -

Berita Terkini