Krisis Air Bersih Ciamis, Tagana Bantu 4.000 liter

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Bantuan air bersih dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, sebanyak 4.000 liter langsung diserbu warga masyarakat diwilayah Dusun Kertasari, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang telah lama berharap, dan menunggu adanya bantuan air bersih yang datang ke wilayah tersebut.

Mereka berduyun-duyun datang ke lokasi pembagian air dengan membawa ember, galon, dirigen, bahkan dandang, baskom, dan panci untuk menampung air bersih.

Raut wajah suka cita dan celoteh warga masyarakat pun menyiratkan, bahwa mereka sangat membutuhkan bantuan air bersih disaat musim kemarau yang terjadi saat ini.

“Beberapa bulan terakhir ini, kami dan warga lainnya sangat merasakan kekurangan air bersih. Jadi dengan adanya bantuan air bersih dari Tagana Kabupaten Ciamis ini, sangat membantu,” ungkap Muji, warga setempat.

Pada hari Sabtu (02/11/2019) sore, Tagana Kabupaten Ciamis, sengaja datang untuk mengunjungi lokasi rawan dan krisis air bersih, yang ada di Dusun Kertasari, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk memberikan bantuan air bersih.

“Tagana Kabupaten Ciamis, dalam pendistribusian bantuan air bersih kali ini didukung oleh PDAM Tirta Galuh Ciamis, Relawan Mata Hati, Polsek, dan armada milik BUMDes Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, dalam kegiatan penyaluran bantuan air bersih,”Ujar Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya.

Sementara dari penuturan sejumlah warga masyarakat yang tinggal di Dusun Kertasari, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, sebelum mendapatkan bantuan air bersih, mereka setiap hari terpaksa harus mengambil air ke Sungai Ciseel, atau minta ke tetangga yang Sumurnya masih ada airnya.

Kepala Desa Sidaharja, Haris Munandar, mengatakan bahwa warga masyarakat diwilayah Desa Sidaharja, sangat membutuhkan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti memasak.

Lanjut Haris, untuk saat ini khususnya warga di Dusun Kertasari, Desa Sidaharja, jika ingin mendapatkan air, harus mengambil air ke Sungai Ciseel, atau ke Sumur-sumur tetangga yang masih ada airnya.

“Jadi, dengan adanya bantuan air bersih yang disalurkan oleh Tagana Kabupaten Ciamis, warga masyarakat di Desa Sidaharja, khususnya yang tinggal di Dusun Kertasari ini, merasa senang. Dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat warga masyarakat,” tandasnya. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini