Aplikasi SI KARBU LIHAT, Ngurangi Resiko Kematian Ibu dan Anak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Serdang Bedagai – Berbagai upaya dilakukan Dinas Kesehatan Serdagai mengenalkan proyek perubahan dalam sistem pendataan Ibu Hamil dengan Aplikasi SI KARBU LIHAT atau disingkat Sistem Informasi Kartu Ibu Bersalin Sehat, di Aula Rapat Puskesmas Plus Perbaungan Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai, Selasa (30/7/2019).

Camat Perbaungan Beny Saragih menyatakan, proyek perubahan ini tentunya dapat mengurangi resiko kematian Ibu dan Anak. Karena sejak awal kehamilan sudah dilakukan pendataan terhadap kondisi ibu hamil yang telah terdata melalui aplikasi Si Karbu Lihat. Untuk mensukseskan program ini tentunya kami siap mendukung proyek perubahan ini,” tegas camat.

Sementara itu Kepala Puskesmas Plus Perbaungan dr Erna mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di kecamatan Perbaungan terutama kepada Ibu Hamil untuk selalu memeriksa kesehatannya, dan melakukan persalinan di Puskesmas.

“Puskesmas Perbaungan melaksanakan pelayanan 24 Jam untuk persalinan. Bagi Ibu yang hamil dijemput dan diantar sampai ke rumah. Bahkan anak yang lahir di Puskesmas langsung dibuatkan akte gratis, Kartu Identitas Anak (KIA) serta Kartu Keluarga (KK) baru dari Dinas Dukcapil Sergai,” terangnya.

Diakhir acara dilakukan MoU Proyek Perubahan Si Karbu Lihat jajaran Dinkes Sergai, Kepala Puskesmas Plus Perbaungan, Kader Posyandu, Bidan Desa, Camat Kecamatan Perbaungan, Tim PKK, serta Kepala Desa se Kecamatan Perbaungan.

Turut menghadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Sergai dr Helminur Sinaga MKes, Kabid Kesmas drg Tatik Iswandari, Kepala Puskesmas Plus Perbaungan dr Erna, Camat Perbaungan Beny Saragih, Kades se Kecamatan Perbaungan, Bidan Desa se Kecamatan Perbaungan, Kader Posyandu se Kecamatan Perbaungan. Berita Serdang Bedagai, Rasum Santarwi

 

- Advertisement -

Berita Terkini