Tinjau Pengungsi Banjir, Gubsu Minta Masyarakat Jaga Lingkungan

Breaking News

- Advertisement -
Laporan : Fathir
MUDANews, Padang Sidimpuan (Sumut) – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama Wali Kota Padang Sidempuan Andar Amin Harahap menyempatkan diri meninjau posko pengungsian korban banjir bandang sebelum bertolak ke Medan.
Turut juga mendampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba, Danrem 023/KS Kolonel Donni Hutabarat, bersama sejumlah SKPD Provsu juga melihat lokasi yang terkena dampak banjir bandang di Kelurahan Ujungpadang, Gang Kenanga, Kecamatan Padang Sidempuan Timur., Kota Padang Sidempuan, Kamis (30/03/2017).
Di lokasi tersebut Gubsu Erry melihat beberapa bangunan rumah dan sekolah yang rusak dan tenda tempat penampungan sementara.
Dalam kesempatan itu, Tengku Erry berpesan kepada seluruh masyarakat agar menjaga lingkungannya. Karena menurut Erry bencana banjir yang baru-baru ini bisa terjadi bisa disebabkan faktor alam dan faktor manusia.
Faktor manusia, lanjut Gubsu seperti penebangan liar (pembalakan) hutan yang ada di hulu sehingga limpahan air tumpah dan merusak segala sesuatu yang dilewatinya di hilir.
Erry mengharapkan pemerintah setempat untuk benar-benar mendata masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS).
“Disosialisasikan aturan-aturan kepada masyarakat tentang tempat tinggal yang dekat dengan DAS atau direlokasi dengan membangun rusunawa. Karena daerah sekitar DAS ini sangat rentan kena dampak banjir,” ujar Gubsu.
Selanjutnya Gubsu melanjutkan peninjauan ke Lingkungan IV Kelurahan Ujungpadang, Kota Padangsidempuan guna melihat situasi di posko kesehatan Korem 023/KS serta melihat persediaan obat-obatan yang ada disana.[ rd ] 
- Advertisement -

Berita Terkini