Peran Media Sosial sebagai Promosi Wirausaha di Tengah Pandemi

Peran Media Sosial sebagai Promosi Wirausaha di Tengah Pandemi
Ika Manda Sari

MUDANEWS.COM, Medan – Selama pandemi Covid-19 terjadi, seluruh masyarakat di Indonesia bahkan dibelahan dunia manapun turut merasakan dampaknya. Banyak diantara mereka mencari kesibukan tersendiri guna mengisi waktu luang mereka yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan penerapan kebijakan WFH (Work From Home) serta pemberlakukan PSBB (Penerapan Sosial Berskala Besar) terkhusus pada daerah yang sudah ditetapkan sebagai zona merah.

Kebijakan #dirumahaja turut mewarnai kehidupan masyarakat selama pandemi Covid-19 yang mengakibatkan mereka memutar otak untuk berpikir dan mencari aktivitas seperti apa yang bisa dilakukan mereka dengan tetap berada dirumah.

Tercetuslah ide yaitu dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah seperti teras rumah sebagai tempat untuk pajangan tanaman hias. Tanaman hias kini sedang booming terjadi di seluruh pelosok daerah. Peminatnya beragam mulai dari mahasiswa, wiraswasta, bahkan sampai ibu rumah tangga. Dilansir dari detik.com tepatnya di Tangerang Selatan, omset penjual tanaman hias mengalami kenaikan sampai dua kali lipat selama pandemi Covid-19. Tanaman hias yang banyak diminati seperti jenis aglonema, sekulen, monstrea dan sebagainya. Alasan mereka membeli tanaman hias untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan stress.

Bagi penggiat usaha tanaman hias sendiri tentu pendistribusian kepada pembeli turut mengalami keterbatasan, seperti dalam hal penyaluran, pemesanan, dan pelayanan. Oleh karena itu di era pandemi saat ini semua aktivitas yang dilakukan sangat bergantung dengan teknologi. Dalam hal ini peran dari media sosial dalam hal promosi sangat dibutuhkan, seperti penggunaan Whatsapp, Instagram, Facebook dan lainnya yang turut mewarnai sebagai sarana pendistribusian. Distribusi barang adalah sebuah proses alokasi dari produksi barang dan jasa sampai ke tangan konsumen atau proses konsumen. Menurut Damsar dan Indrayani, fenomena distribusi seperti pasar, perdagangan, kewirausahaan, uang, pemberian, perusahaan, dan lain-lain.

Selain itu, penggunaan media sosial dalam pendistribusian tanaman hias tentunya memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat yang dihasilkan yaitu sebagai berikut:

1. Dasar Untuk Riset Pasar

Dalam setiap usaha ataupun bisnis, target pasar merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, ini akan menentukan kesuksesan penjualan produk Anda. Di jaman yang serba canggih dan modern, tentu telah muncul berbagai fitur yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa target pasar dengan memantau aktivitas mereka di media sosial. Misalnya seperti sonar platform, Facebook insight, Instagram insight, Twitter counter, dan sebagainya. Melalui data yang didapatkan, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui aktivitas pasar, serta mengukur seberapa berhasil strategi pemasaran yang kita terapkan pada usaha ataupun bisnis.

2. Meningkatkan Customer

Media sosial merupakan cara paling efektif dan efisien untuk meningkatkan customer terhadap produk Anda. Website usaha atau bisnis maupun akun Facebook, Twitter, Instagram, dan berbagai media sosial lainnya berguna dalam membangun hubungan dengan pelanggan.

Selain itu juga, desain serta konten yang ditampilkan harus dapat menarik minat pembeli yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Sehingga jika nantinya pelanggan tertarik dengan usaha Anda akan terus mengunjungi situs Anda dan mempromosikannya pada orang lain.

3. Platform Promosi yang Efektif

Memanfaatkan platform media sosial sebagai media promosi dapat menekan pengeluaran Anda. Lain halnya dengan media offline, seperti media penyiaran ataupun media cetak yang membutuhkan biaya sangat besar dalam melakukan promosi. Selain ramah dalam hal biaya, Anda juga dapat meningkatkan jumlah followers yang artinya brand awareness Anda juga pasti meningkat.

Keuntungan yang Dapat Diperoleh dari Promosi Menggunakan Media Sosial

Penggunaan media sosial dalam promosi suatu usaha tentu akan memberi banyak keuntungan tersendiri. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh:

1. Informasi Lebih Cepat Sampai kepada Konsumen

Tentunya penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, Website, dan sebagainya yang tidak dibatasi oleh jarak, ruang dan waktu dapat memberikan kebebasan tersendiri bagi siapa saja untuk mempromosikan produk dari usaha yang kita geluti kepada konsumen secara lebih cepat dan lebih luas. Hanya dengan cara mengklik “share” atau “bagikan”, sebuah informasi sudah dapat terbagi lebih banyak kepada pengguna media sosial.

2. Mempermudah Komunikasi dengan Audience

Salah satu kegunaan media sosial adalah mempermudah komunikasi tanpa dibatas ruang dan waktu. Dimulai dari respon terhadap pertanyaan, komentar, testimoni, sampai kepada konten bisnis yang akan Anda sebar, semua dapat dilakukan dengan media sosial.
Konten yang dimaksud seperti promosi, jadwal pre order barang, manfaat produk yang kita jual, marketing dan sebagainya.

Dalam penggunaan media sosial, tentunya kita harus fast respon terhadap tanggapan ataupun pertanyaan yang diberikan oleh customer. Ingat bahwa satu customer memiliki calon customer baru lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus menjaga komunikasi dengan audience atau customer.

3. Networking Usaha Bisnis Sangat Luas

Dalam sektor bisnis, networking adalah unsur penting yang akan menunjang kesuksesan usaha kita. Media sosial memberikan peluang untuk membuka jaringan seluas-luasnya secara global. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada para customer untuk tertarik memiliki produk yang ditawarkan.

Penulis : Ika Manda Sari (Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Peserta KKN-DR 2020 UIN-SU)