Pejuang Islam NUsantara Garut, Laksanakan Nisfu Sya’ban

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Garut – Wakil Ketua PC PIN Garut yang juga pimpinan MT Al-Karomah, Lampegan, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Ustaz Eno Hartono melaksanakan kegiatan Nisfu Sya’ban bersama para santri Al-Karomah. Minggu (28/03/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Jamaah MT Al-Karomah sebanyak kurang lebih 100 jamaah yang turut hadir mengikuti peringatan Nisfu Sya’ban.

Ustaz Eno Hartono menyampaikan beberapa hal terkait Nisfu Syaban yaitu tentang tata cara dan lainnya.

“Yang pertama, bahwa Sya’ban merupakan salah satu bulan dalam kalender Islam yang berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Pada bulan Syaban ini seluruh amalan manusia diangkat kepada Allah SWT. Dan bulan tersebut memiliki 30 malam dari 30 malam di bulan Sya’ban, terdapat satu malam yang mendapat kekhususan dan keistimewaan, yaitu malam Nisfu Sya’ban. Nisfu artinya pertengahan, sehingga Nisfu Syaban berarti pertengahan bulan Sya’ban,” jelas Ustaz Eno Hartono.

Lebih lanjut ia mengatakan yang kedua, bahwa pada Bulan Sya’ban ini pula di ubahnya arah kiblat yang dimana semula dari Masjidil Aqsho menuju Masjidil Haram.

“Sehingga, kiblat kita sampai sekarang adalah Masjidil Harsm yang berada di Tanah Suci Mekkah Al-Mukarromah, Arab Saudi,” ujarnya.

Ia menambahkan, di malam Nisfu Sya’ban juga kita di anjurkan untuk dianjurkan membaca Surah Yasin 3X.

  • Surah Yasin yang ke 1 dibaca untuk memohon panjang umur dan ketaatan serta ketaqwaan dan dapat istiqamah kepada Allah Ta’ala.
  • Surah Yasin yang ke 2 dibaca untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak bala.
  • Surah Yasin Yang ke 3 dibaca untuk memohon ditetapkannya Iman Islam hingga akhir hayat.

“Dan tak lupa juga selalu mengingat Allah dengan membaca Istighfar 100X, Tahmid dan Takbir 100X, Shalawat Nabi 100X dan dzikir-dzikir lainnya,” sebutnya.

Beliau mengutip beberapa pendapat para Ulama yang dimana para ulama menyatakan bahwa malam Nisfu Sya’ban juga dinamakan malam pengampunan atau malam Maghfirah .
Imam Al Gozhali RA. mengistilahkan malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan) menurut beliau.

  • Malam ke 13 bulan Sya’ban Allah Ta’ala memberikan 3 syafaat kepada hamba-Nya.
  • Malam ke 14, seluruh syafaat diberikan secara penuh.
  • Malam ke 15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan sebagai penutup catatan amalnya selama satu tahun.

Karena pada malam itu Allah Ta’ala menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi terutama kepada hamba-hamba- Nya yang shaleh.

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Yang terakhir Ustaz Eno memimpin bacaan dengan para Jamaah dengan membaca doa Allahumma bariklana fi Sya’ban wa balighna Ramadhan.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini