Prodi Hubungan Internasional UNIKOM, Selenggarakan Kuliah Umum

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bandung – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum yang bertema “Penguatan Ideologi Pancasila, Nasionalisme, dan Keamanan Nasional Indonesia di Kalangan Generasi Milenial”.

Acara kuliah umum dihadiri Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, S.IP.,M.Si.,Ph.D, Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Ibu Prof.Dr.Hj.Aelina Surya, Dra, Dosen Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Bapak. H.Budi Mulyana S.IP.,M.Si, Ibu Sylvia Octa Putri, S.IP.,M.I.Pol serta dihadiri oleh +/- 400 mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan peserta umum.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom pada Senin, (13/01/2020) diawali dengan sambutan oleh Ketua Program Studi IHI Unikom, Dr. Dewi Triwahyuni, M.Si,.

Melalui sambutannya, Dewi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Prodi IHI Unikom yang ditujukan untuk menanamkan jiwa nasionalisme, Pancasila-is dan semangat bela negara mahasiswa dalam menghadapi tantangan global. Gelaran ini pun menjadi penunjang mata kuliah Studi Keamanan Tradisional dan Non- Tradisional dalam kurikulum Program Studi IHI Unikom.

Kuliah umum secara resmi dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan UNIKOM, Andrias Darmayadi, S.IP.,M.Si.,Ph.D.

Memasuki agenda inti, agenda kuliah umum dipandu oleh H.Budi Mulyana, S.IP.,M.Si selaku moderator dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, yakni Letnan Kolonel Arh Ahmad Sumarna, M.Bus (Dosen Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat) Bandung, Jawa Barat, yang menyampaikan materi terkait keamanan nasional dan bela negara dan bagaimana generasi muda dalam menyikapinya.

Prodi Hubungan Internasional UNIKOM, Selenggarakan Kuliah Umum
Sesi foto bersama dengan seluruh Mahasiswa yang hadir pada kuliah umum

Tidak ketinggalan Letkol Sumarna menyampaikan materi dalam perspektif pertahanan keamanan dan militer. Menurut Letkol Sumarna, sekarang semua bangsa dan semua orang yang ada di dunia ini dipengaruhi oleh era globalisasi dan dampak dari globalisasi tersebut menimbulkan krisis jati diri, perubahan globalisasi ini dapat mencemari kepribadian dan nilai-nilai positif yang telah diajarkan oleh orang tua dan leluhur kita terdahulu dan ini merupakan suatu ancaman nyata terkhususnya bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Bukan masalah bodoh, pintar atau seberapa cepat kita memenuhi perintah zaman tetapi seberapa cepat kita beradaptasi terhadap perubahan globalisasi, kita boleh mengikuti perubahan zaman dan beradaptasi, tetapi, kita jangan sampai melupakan identitas atau bahkan sampai mengurangi jiwa nasionalisme dan patriotisme kita terhadap bangsa dan negara,” kata Let.Kol Sumarna.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan pada sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung komunikatif antara peserta dengan para pembicara. Antusiasme mahasiswa dalam sesi ini dapat dilihat dari beragamnya pertanyaan mahasiswa yang diajukan kepada Let.Kol Sumarna.

Terselenggaranya kegiatan yang melibatkan Himpunan Mahasiswa (HIMA) IHI Unikom sebagai panitia, diharapkan dapat mendorong para generasi muda untuk lebih menanamkan jiwa nasionalisme dan bela negara di tengah perkembangan zaman yang kian pesat. Berita Bandung, tim

- Advertisement -

Berita Terkini