Jelang Tahun Baru, Warga Desa Ciherang Disambut Banjir

Jelang Tahun Baru, Warga Desa Ciherang Disambut Banjir
Rumah warga yang terdampak banjir

MUDANEWS.COM, Banjar – Banjir cileuncang kerap menerjang wilayah Dusun Kubangpari, RT 01, RW 05, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Ibu Hj. Nunung, mengatakan bahwa banjir cileuncang tersebut sering terjadi diwilayah sini setiap hujan deras mengguyur.

Jelang Tahun Baru, Warga Desa Ciherang Disambut Banjir
Rumah warga yang terdampak banjir

Lanjut Hj. Nunung, penyebabnya adalah karena buruknya saluran drainase yang ada di sepanjang Jalan Nasional, Banjarsari – Pangandaran, tepatnya di wilayah Dusun Kubangpari, RT 01, RW 05, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ini.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (28/12/2019) Sore sekitar pukul 16.00 WIB, hujan yang mengguyur cukup deras, membuat drainase yang ada diwilayah tersebut tidak mampu menampung air. Akibatnya, air meluap dan merendam sekitar 5 rumah warga yang ada diwilayah tersebut.

“Setiap turun hujan deras kondisinya selalu seperti ini. Warga disini berharap draenase tersebut segera diperbaiki,” katanya.

Terpisah Kepala Desa Ciherang, Dedi Sugiarto, membenarkan bahwa banjir cileuncang kerap terjadi, dan merendam rumah warga yang ada di wilayah Dusun Kubangpari, RT 01, RW 05, Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tersebut, yang disebabkan oleh buruknya saluran draenaseu.

“Kejadian ini sudah sering terjadi setiap hujan deras turun mengguyur wilayah tersebut. Bahkan kami pun sering melaporkan kejadian tersebut, namun hingga kini belum ada respon, guna perbaikan dan normalisasi,” ujarnya.

Jelang Tahun Baru, Warga Desa Ciherang Disambut Banjir
Drainase yang buruk sehingga berdampak banjir saat hujan deras

Dedi, menambahkan drainase yang buruk tersebut hampir terjadi sekitar 15 Tahun lalu, dan memiliki panjang sekitar 350 Meter.

Dedi, berharap adanya langkah perbaikan, dan pengerukan saluran drainase tersebut secepatnya, sehingga disaat musim hujan turun rumah warga diwilayah tersebut tidak lagi terendam. Berita Banjar, BQ