Hujan di Ciamis, Porak-porandakan 5 Kecamatan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Hujan deras, disertai angin kencang, yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis, pada Kamis (12/12/2019), sekitar pukul 15.30 WIB, memporak-porandakan sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Akibatnya, puluhan pohon tumbang, rumah, dan infrastruktur, serta fasilitas lainnya mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ketua FK Tagana Kabupaten Ciamis, Ade Waluya, mengatakan bahwa bencana hujan deras, disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis sore tersebut, melanda 5 Kecamatan di wilayah Kabupaten Ciamis, yaitu wilayah Kecamatan Lakbok, Cisaga, Cidolog, Cimaragas, dan Cijeungjing.

Lanjut Ade, dari data sementara yang diperoleh sedikitnya ada 12 rumah di wilayah Kecamatan Lakbok yang mengalami kerusakan. Di Kecamatan Cisaga, ada sekitar 28 rumah yang mengalami kerusakan.

Di Kecamatan Cidolog, ada sekitar 1 rumah, dan 1 bangunan Kantor Kecamatan, sedangkan di Kecamatan Cijeungjing ada 1 bangunan rumah, dan 1 bangunan Sekolah Madrasah.

Sedangkan di Kecamatan Cimaragas, ada sekitar 1 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat dari dampak bencana tersebut.

“Data sementara kerusakan ada sekitar 45 bangunan yang mengalami kerusakan. Ada sekitar 43 bangunan rumah mengalami kerusakan, 1 bangunan Kantor Kecamatan, dan 1 bangunan Sekolah Madrasah,” jelas Ade.

Memasuki musim penghujan, Ade Waluya, menghimbau kepada seluruh warga masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis, untuk meningkatkan kewaspadaan, agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Bahkan bila hujan, dan angin kencang melanda, warga masyarakat dihimbau untuk tidak berada di dalam rumah, atau bangunan.

“Dan bagi pengendara kendaraan diimbau pula bila berteduh, ditempat yang aman jangan sampai berteduh di bawah pohon, atau tiang listrik/telepon, dan papan reklame,” imbuhnya. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini