Ridwan Kamil, Buka Jambore Desa dan Kelurahan 2019

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Gubernur Jawa Barat, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., membuka secara resmi kegiatan Jambore Desa dan Kelurahan Tahun 2019, yang dilaksanakan di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat, (27/09/2019).

Sebanyak kurang lebih 6.000 orang menghadiri, dan menyaksikan, kegiatan Jambore Desa, dan Kelurahan, utusan dari 27 Kabupaten/Kota, se-Jawa Barat.

Jambore Desa, dan Kelurahan se-Jawa Barat Tahun 2019, digelar selama dua hari, yaitu pada Tanggal 27-28 September 2019.

Kegiatan Jambore Desa dan Kelurahan tersebut digelar, yaitu sebagai upaya silaturahmi, serta pemahanan terkair program Desa Juara.

Gubernur Jawa Barat, H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., yang dikenal dengan sapaan akrab Kang Emil tersebut mengatakan, bahwa pemilihan lokasi diselenggarakannya kegiatan Jambore Desa, dan Kelurahan, diwilayah Kecamatan Lakbok, tiada lain karena wilayah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, merupakan Gerbang Desa yang berbatasa langsung dengan wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pemilahan tempat pun, lanjur Kang Emil, dilakukan secara seleksi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Jawa Barat).

“Jambore (Desa dan Kelurahan Jawa Barat 2019) harus dilaksanakan di perbatasan. Desa perbatasan bukan bagian belakang, tapi bagian depan alias gerbang,” ungkap Kang Emil, ditemui usai membuka resmi kegiatan Jambore Desa dan Kelurahan Jawa Barat Tahun 2019 di Desa Sidaraharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis.

Kang Emil, memaparkan sejumlah program Pemerindah Daerah, Provinsi Jawa Barat, yang sebagian besar terfokuskan di Desa-Desa.

Kang Emil, berharap dengan adanya kegiatan Jambore Desa dan Kelurahan Tahun 2019 Tingkat Propinsi Jawa Barat, mampu menghadirkan semangat guna menuju Desa juara.

“Mudah-mudahan Jambore Desa dan Kelurahan yang dihadiri, oleh kurang lebih 6.000 orang ini, dapat memberikan semangat dengan konsep Desa Juara,” ungkapnya.

Kang Emil, pun optimis bahwa wilayah Desa dan Kelurahan yang ada diwilayah Jawa Barat, memiliki kekompakkan guna mewujudkan visi misi Desa Juara Lahir Batin.

“Saya optimis dengan kekompakkan seiring seperti ini, visi misi Desa Juara Lahir Batin bisa diimplementasikan dengan baik,” pungkasnya.

Jambore Desa dan Kelurahan 2019
Gubernur Jawa Barat membuka Jambore Desa dan Kelurahan 2019

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jawa Barat, Dedi Sopandi mengaku telah melakukan survei ke 102 desa yang berada di perbatasan guna menentukkan tempat pelaksanaan Jambore Desa Kelurahan Jawa Barat 2019.

“Maka terpilih Lakbok untuk kegiatan Jambore Desa Kelurahan tahun ini. Ada arak-arakan perwakilan desa kabupaten, malem harinya ada makan nasi liwet di sawah bersama Pak Gubernur dan menyaksikan Festival Layang Lakbok,” kata Dedi.

Pada acara tersebut, perwakilan dari setiap daerah melakukan karnaval menelusui kawasan Lakbok. Setiap daerah menonjolkan kreasi seni masing-masing daerah yang disaksikan langsung oleh Kang Emil. Berita Ciamis, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini