Dalmas Polres Banjar, Tingkatkan Pelatihan Jelang Pilkades

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Dalmas Polres Banjar, Polda Jabar, meningkatkan pelatihan pengendalian massa jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan di Wilayah Kota Banjar.

Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan ketika terjadi aksi unjuk rasa atau terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.

“Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa ataupun terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak,” kata Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana SIK melalui Kabag Ops Kompol Sindu SH, Selasa (24/9/2019).

Latihan berlangsung di halaman Mapolres Banjar dipimpin langsung oleh Kabag Ops Kompol Sindu SH dan Kasat Sabhara AKP H Maman dan diikuti seluruh anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Banjar.

Dijelaskan lebih lajut oleh Kasat Sabhara bahwa pengendalian massa yang disebut Dalmas adalah kegiatan yang  dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi masa pengunjuk rasa.

Dalmas Awal adalah satuan Dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus Kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur (situasi hijau).

Dalmas Lanjut adalah satuan Dalmas yang dilengkapi  dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan  dalam menghadapi  kondisi massa sudah tidak tertib (situasi kuning).

“Selain itu, latihan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Banjar dalam menghadapi adanya unjuk rasa dalam skala besar guna mengantisipasi kemungkinan terburuk jelang Pilkades serentak tahun ini,” jelasnya.

Dalmas Polres Banjar, Tingkatkan Pelatihan Jelang Pilkades
Latihan Dalmas Polres Banjar

“Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa ataupun terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak,” kata AKP H Maman.

Pada latihan, peleton pasukan Dalmas nampak terlihat berlatih dengan penuh semangat dengan perlengkapan tameng dan tongkat T. Keindahan gerakan, ketangkasan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing personel menunjukkan bahwa anggota Dalmas Polres Banjar siap mengamankan jalannya Pilkades Serentak di Kota Banjar.

Masih menurut Kasat Sabhara bahwa pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan setiap personel dalam melaksanakan pengendalian massa.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Dalmas dalam mengawal keamanan proses demokrasi di desa dengan menjunjung tinggi sikap tegas, profesional dan humanisme,” ujarnya.

“Selain itu, latihan ini juga untuk meningkatkan profesional kerja dalam pengamanan, penanganan maupun penindakan terhadap pengunjuk rasa yang dianggap telah melanggar ketertiban maupun mengganggu masyarakat lainnya. Latihan ini pun dilakukan secara rutin, agar para anggota siap terjun ketika ada unjuk rasa atau keributan,” pungkasnya. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini