Beredar ‘Chat Kapolda Metro Jaya Soal Sikat Laskar HRS’, Kabid Humas: Itu Hoax

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Sebuah tangkapan layar percakapan WhatsApp yang seolah-olah mengatasnamakan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran tentang operasi terhadap Habib Rizieq Shihab beredar viral di media sosial. Polda Metro Jaya memastikan ‘percakapan WA’ itu hoax alias bohong.

“Itu hoax. Bahwa ada percakapan Pak Kapolda Metro Jaya dalam satu WA-nya ini saya jelaskan bahwa ini adalah berita tidak benar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (9/12/2020).

Percakapan WA tersebut juga tersebar bersama dengan berita hoax yang mencatut detikcom. Berita hoax itu bertajuk ‘Viral…! Hacker Membocorkan Percakapan Whatsapp Perihal Upaya Pembunuhan HRS Oleh Anggota Kepolisian’.

Dalam kesempatan ini, redaksi detikcom memastikan berita tersebut tidak pernah ada.

“Saya sudah konfirmasi ke media detikcom, dari media pun menyatakan tidak pernah memberitakan seperti ini dan ini editan. Ini diedit karena media tersebut tidak pernah mengeluarkan berita ini,” tutur Yusri.

Yusri menambahkan pihaknya meminta masyarakat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Masyarakat juga diminta tidak terpancing pemberitaan yang belum tentu kebenarannya.

“Pembelajaran masyarakat juga bahwa tahu bijak dalam bermedsos untuk bisa tanggapi apapun yang ada di medsos. Ini upaya orang yang mau provokasi menyebarkan berita tidak benar dengan menumpangi media yang ada,” tuturnya.

Percakapan WA seolah-olah Fadil Imran itu tersebar viral di media sosial. Berikut ini isi percakapan hoax tersebut:

A: Sepertinya untuk ke arah sana cukup sulit pak, karena yang sudah2 rizieq selalu dijaga laskar.

B: Ya kalau laskarnya menghalangi, kita sikat juga sekalian. Menurut info tim intelijen kita, nanti subuh rizieq ada acara pengajian. Tim eksekutor harap dipersiapkan dari sekarang.

A: Siap 86. Nanti saya koordinasikan dgn tim untuk mengkondisikan lokasi target, termasuk mengamankan CCTV setempat agar dimatikan.

B: Good. anda harus laksankan tugas sebaik mungkin. Dan jangan khawatir, media juga sudah kita kondisikan. Saya tunggu informasi selanjutnya.

A: Siap 86.

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini