Kabaharkam Polri Ingatkan Tugas Harkam Adalah Mencegah Terjadinya Gangguan Kamtibmas

Kabaharkam Polri Ingatkan Tugas Harkam Adalah Mencegah Terjadinya Gangguan Kamtibmas
Kabaharkam Polri sharing informasi bersama 34 Dirbinmas Polda Kewilayahan

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, kembali mengingatkan tugas Harkam yang merupakan pencegah terjadinya gangguan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, pada saat pelaksanaan kegiatan sharing informasi bersama 34 Dirbinmas Polda Kewilayahan, Rabu (12/02/2020), di Mako Baharkam Polri Jakarta.

“Kalau Binmas kreatif, sangat mudah masuk ke semua aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian jajaran bisa membuat bagaimana mencegah faktor-faktor timbulnya kejahatan konvensional,” kata Komjen Pol Agus Andrianto.

Kabaharkam Polri menjelaskan, rendahnya kesejahteraan adalah salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya kejahatan konvensional. Kejahatan yang dimaksud seperti pencurian, penjambretan, dan lain-lain. Untuk itu, Baharkam Polri sendiri telah menegaskan komitmennya mengawal program ekonomi kerakyatan pemerintah, yang dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dengan demikian menurunkan angka kejahatan konvensional.

Kabaharkam Polri mencontohkan, saat ini Pertamina sedang menggalakkan program 1 Desa 1 SPBU dan meminta Baharkam Polri untuk melakukan pengamanan agar program ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Diharapkan program yang menghadirkan salah satu sumber energi hingga ke pelosok itu dapat menggerakkan desa terus berkembang secara ekonomi.

Dalam mendukung program Pertamina tersebut, Baharkam Polri akan mengerahkan personel Bhabinkamtibmas yang ada di desa-desa. Kabaharkam Polri berharap Bhabinkamtibmas dapat menjadi mediator program pemerintah agar dapat sampai dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu, Kabaharkam Polri meminta jajarannya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas kehadiran polisi secara langsung di tengah-tengah masyarakat sebagai representasi kehadiran negara.

“Pencegahan itu yang terpenting, bagaimana masyarakat dapat mengurungkan niat melakukan kejahatan yang dapat menggangu kamtibmas,” tegas Komjen Pol Agus Andrianto.

Tak lupa, Kabaharkam Polri mengingatkan kepada para Dirbinmas bahwa pada tanggal 21 Februari mendatang Kapolri akan memimpin gerakan penanaman mangrove dan penebaran bibit ikan serentak, yang dipusatkan di Polres Tangerang Polda Banten. “Silakan diingatkan ke jajaran kewilayahan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena turut menjaga keasrian lingkungan yang merupakan salah satu sumber kekayaan yang diberikan oleh alam. (Supriadi)