Jadi Narasumber Rapim Polri 2020, Kabaharkam Paparkan Program Prioritas Pemantapan Harkamtibmas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH menjadi narasumber pada Rapat Pimpinan Polri 2020, Rabu 29 Januari 2020 di Auditorium STIK-PTIK Jakarta.

Rapim yang dihadiri 392 pimpinan Polri dari tingkat Mabes sampai Polda seluruh Indonesia ini digelar guna menghadapi tantangan pembangunan nasional, mensukseskan program prioritas Presiden, serta implementasi program Prioritas Kapolri.

Dalam paparannya sebagai narasumber Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa ada beberapa poin yang menjadi tantangan pembangunan nasional antara lain revolusi industri 4.0, radikalisme dan separatisme, bencana alam dan sosial, gangguan kamtibmas, konflik sosial/sara/buruh/agraria, penyelewengan bantuan pemerintah, pencurian kekayaan negara, hubungan pemerintah pusat dan daerah, korupsi, premanisme, hoax dan hate speech, pilkada serentak 2020, PON XX 2020, kebakaran hutan dan lahan serta titik-titik rawan kamtibmas lainnya.

Kabahaharkam Komjen Pol Agus Andrianto sendiri sebagai penanggungjawab program Kapolri terkait pemantapan harkamtibmas menyampaikan bahwa ada 9 program prioritas pemantapan harkamtibmas yaitu :

Penguatan deteksi dini
Penanganan konflik sosial
Penanganan unjuk rasa
Penanggulangan karhutla
Penanggulangan radikalisme
Pemantapan kamseltibcarlantas
Optimalisasi peran dan kemampuan bhabinkamtibmas
Meningkatkan kehadiran negara pada lokasi jam rawan
Penanganan agenda kamtibmas

“Disamping program prioritas pemantapan harkamtibmas, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa Baharkam Polri sendiri memiliki tantangan untuk mewujudkan rasa aman dan menekan angka kejahatan, mendukung program pembangunan dan agenda nasional, meningkatkan ekonomi masyarakat demi menekan angka kejahatan karena sejatinya angka kemiskinan berbanding lurus dengan angka kejahatan, meningkatkan kehadiran polisi berseragam sebagai wujud kehadiran negara, terakhir mewujudkan jajaran Baharkam Polri yang unggul, profesional, modern dan terpercaya,” ucap Agus.

Lebih lanjut Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa terkait agenda nasional seperti Pilkada 2020 dan PON XX 2020 di papua, perlu langkah-langkah mitigasi dalam mensukseskannya.

Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa peluang Polri dalam memantapkan harkamtibmas sangat besar sekali, rangkul seluruh potensi masyarakat dan instansi terkait untuk membangun ekonomi kerakyatan. “Bila rakyat sejahtera maka kamtibmas akan tercipta dan terpelihara dengan sendirinya,” ujar Pria kelahiran Blora ini.

Komjen Pol Agus Andrianto juga menekankan bahwa personil Polri harus mampu melakukan kegiatan yang disukai masyarakat, bukan sebaliknya. “Kamtibmas tidak hanya berbicara mencegah kejahatan tapi juga harus dapat menangani faktor yang menyebabkan timbulnya kejahatan,” tegas Agus.

Di akhir paparannya Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan bahwa tanggung jawab memelihara keamanan adalah sebuah amanah luar biasa yang diberikan Allah SWT kepada seluruh personil Polri. (Supriadi)

- Advertisement -

Berita Terkini