Gubernur LIRA Sumut, Komit Berantas Kejahatan Ekonomi Termasuk Korupsi 
Gubernur LSM LIRA Sumatera Utara Ir H Febri Dalimunthe di pelantikan Walikota LSM LIRA Siantar

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur LSM LIRA Sumatera Utara Ir H Febri Dalimunte mengatakan, lembaga yang dipimpin oleh Presiden LIRA Jusuf Rizal tersebut tetap komitmen dalam hal pemberantasan kejahatan ekonomi, termasuk korupsi yang seringkali dipraktekkan sebagai kejahatan ekonomi kerah putih. Hal tersebut disampaikan Febri usai melantik Walikota LSM LIRA Siantar Nurmansyah SE, belum lama berselang.

Ditambahkan oleh Febri Dalimunte, LSM LIRA sebagai mitra pemerintah yang aktif memberikan masukan kepada berbagai instansi baik sipil, TNI, maupun POLRI, LIRA tetap memegang teguh dalam hal pemberantasan korupsi.

Dipaparkan juga oleh Febri, dalam hal pelaksanakan kegiatan tadi, berupa sosialisasi program pemerintah, memberi masukan juga kritikan membangun, LIRA mempunyai struktur tingkatan organisasi berjenjang pada tiap-tiap tingkatan. Mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota, serta kecamatan juga kelurahan-desa, juga di pada akar rumput yakni lingkungan.

“LSM LIRA sudah terstruktur dengan baik pada tiap jenjang tingkatan, dengan tujuan tidak terjadi lompatan struktural yang dapat menimbulkan gesekan serta kegaduhan internal. Dan garis komando tersebut telah terjalin dan tertata dengan baik, hingga tidak ada istilahnya tabrakan ataupun benturan kepentingan diantara tingkatan struktur organisasi,” ujar Febri Dalimunte.

Terkait maraknya isu korupsi di Sumatera Utara, Febri mengatakan LSM LIRA terus aktif memantau serta memonitor isu dan informasi yang terjadi dan berkembang ditengah masyarakat. Bahkan sebut Febri, dirinya secara khusus telah menginstruksikan kepada struktur kepengurusan baik tingkat kabupaten serta kota, untuk ikut memantau langsung kasus-kasus korupsi yang saat ini tengah menjadi perbincangan dan perhatian publik.

“Kita juga secara khusus telah mengumpulkan, mencari serta mensinkronkan data dan informasi tentanng korupsi yang menjadi perbincangan masyarakat Sumatera Utara, dan dalam waktu dekat kita akan melakukan aksi dan langkah-langkah hukum,” ujar Febri Dalimunte.

Saat ditanya aksi apa yang akan dilakukan dan masalah apa saja yang saat ini tengah diinventarisir oleh LSM LIRA Sumut tersebut, Febri menolak memberikan keterangan lebih jauh.

“Kita berikan kesempatan kepada kawan-kawan kita itu untuk bekerja, dan kita tunggu saja informasi dari mereka. Nanti jika sudah tepat waktunya, kita akan umumkan dan beritahukan kepada teman-teman media,” ujar Febri Dalimunte. Berita Medan, fian