Rudi Hartono Bangun : Masyarakat Sumut Minta Holding BRI Ultra Mikro Berikan Pinjaman Bunga Rendah dan Syarat yang Mudah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Sumatera Utara – Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun SE MAP mengungkapkan masyarakat Sumut meminta Holding BRI Ultra Mikro memberikan pinjaman bunga rendah dan syarat yang mudah.

Hal ini disampaikan masyarakat pelaku usaha kecil kepada anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Utara (Dapil Sumut) III yang meliputi 10 Kabupaten/Kota yaitu Batubara, Langkat, Simalungun, Binjai, Pematang Siantar, Dairi, Pakpak Barat, Asahan dan Tanjung Balai.

Menurut Rudi, beberapa perwakilan pedagang kecil, Ibu Mariani dan Aminah yang menyampaikan keluhan dan masukannya.

“Kami pedagang Keliling dan pedagang Asongan memohon diberikan pinjaman Rp.2 juta sampai Rp.6 juta untuk modal pembelian barang jualan, jadi kalau bisa pihak bank seperti BRI yang katanya mempunyai program baru untuk usaha Ultra Mikro bisa memberikan dana murah dan bunga yang rendah serta tanpa surat jaminan,” ujar Ibu Mariani, Sabtu (14/5/2022).

“Karena kami ini hanya pedagang kecil, jadi kalau dibebani bunga tinggi, kami sangat berat, berapa untung kami dari jualan keliling,” katanya.

Sebagai perwakilan rakyat, Ibu Aminah meminta anggota DPR RI Rudi Hartono Bangun bisa menjembatani dan memberikan sosialisasi tentang cara agar kami mendapat dana murah dari program BRI Ultra Mikro itu.

Dia juga mempertanyakan bagaimana syarat mengajukan pinjaman ke BRI Ultra Mikro itu? Dan berapa bunga pertahun yang harus kami bayar ? Kami mohon penjelasan dari program BRI ini ?

“Lalu apakah jika kami minjam Rp.5 juta, apakah harus pakai jaminan? Sementara usaha kami jualan keliling? dan kami banyak yang belum punya jaminan, kami mohon anggota DPR, Pak Rudi bisa membantu menjelaskan dan jika tidak punya jaminan, apakah kami bisa menggadai barang seperti di Pengadaian? Lalu uangnya langsung cair tanpa banyak syarat? Dimana kantor BRI Ultra Mikro di kota kami ini? Berapa hari jika kami ngurus pinjaman supaya cair di BRI Ultra Mikro itu ?” tanya Mariani selaku pedagang keliling

Begitu juga ketika Rudi mengunjungi kabupaten Langkat Sumut, konstituen perwakilan dari petani dan nelayan se Kabupaten Langkat, Sugandi juga menanyakan apakah mereka bisa mendapat pinjaman dana murah dari BRI Ultra Mikro itu? Dan apakah bisa kami bayar ketika masa panen ?

Sugandi selaku kelompok petani meminta kepada Rudi dan perwakilan BRI bisa kumpulkan kami dan beri arahan dan sosialisasi program BRI Ultra Mikro ini, jadi kami tidak simpang siur mengenai cara mendapatkan pinjaman ini.

Pada kesempatan Kunker reses tersebut Rudi menyampaikan, bawa aspirasi ini akan dibawa ke Jakarta dan akan disampaikan ke pihak Direksi BRI agar bisa menjawab berbagai permasalahan yang disampaikan para pelaku usaha Ultra Mikro. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini