Forum Pemuda Pembangunan Kota Medan Minta Bobby Benahi Struktur Tata Ruang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Forum Pemuda Pembangunan Kota Medan, Ketua Wan Agus Yahya dan Sekretaris Ken Agung Handoyo SH, minta agar Walikota Medan Bobby Nasution merapikan kondisi tata ruang geografis Kota Medan. Hal tersebut disampaikanya kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

Menurut Agus Yahya, kondisi struktur tata ruang Kota Medan yang saling sulang dan sulang saling dengan Kabupaten Deliserdang, mengakibatkan banyaknya keterbatasan-keterbatasan dalam hal optimalisasi pelayanan publik.

“Walikota Medan Bobby Nasution harus menata ulang struktur tataruang kota, tentunya dengan berkoordinasi dengan Bupati Deliserdang, Gubernur, juga dengan Kemendagri. Karena bukan tidak mungkin, penataan tadi dapat mengarah kepada pemekaran kota Medan menjadi Kota Medan Utara, atau Kota Medan Tenggara,” ujar Agus Yahya.

Dicontohkan Agus, saat ini ada lokasi Sunggal yang berada di Kota Medan dan ada juga yang dalam wilayah Deliserdang. Bahkan untuk Helvetia, ada yang Deliserdang dan adapula di Kota Medan. Demikian juga dengan Denai, ada yang lokasinya di Kota Medan dan ada juga di Deliserdang, seperti kawasan Jermal, juga Araskabu.

“Bahkan Perumnas Mandala juga masuk dalam wilayah Deliserdang, demikian pula kantor pelayanan PLN dan PDAM Tirtanadi di Mandala. Kesemuanya itu tentunya selain menyulitkan pelayanan publik. Juga dapat menghambat kebijakan berbagai program pemerintah pusat, yang saat ini tengah dijalankan oleh Presiden Jokowi,” sambungnya.

“Seperti kawasan Perumnas Mandala ini masuk Deliserdang, tapi karena keberadaan struktur tata ruangnya yang seperti berada di kawasan Kota Medan. Kita belum mendengar, apakah untuk transfer alokasi dana desa, kawasan Perumnas Mandala mendapatkannya. Belum lagi kawasan Helvetia yang berbatasan dengan Jalan K. Sumarsono. Untuk kawasan bekas eks perumahan karyawan PTPN 2 masih Deliserdang, sementara dibelakangnya sudah Kota Medan. Jalan Gurusinomba itu ada yang Deliserdang, sementara yang kearah Perumahan Pondok Kelapa masuk Kota Medan,” ujar Agus Yahya lagi.

Karenanya sebelum Walikota Medan Bobby Nasution melaksanakan berbagai program kerjanya, ada baiknya mantu Presiden Jokowi ini membenahi struktur tataruang Kota Medan, yang sudah puluhan tahun belum terselesaikan.

“Wajar saja bila kita berharap agar masalah yang sudah menahun dan kronis ini, ditangan Walikota Medan adinda M. Bobby Afif Nasution dapat diselesaikan,” tutup Wan Agus Yahya dan Ken Agung Handoyo SH. (Fian)

 

- Advertisement -

Berita Terkini