Kawasan Wisata Danau Toba Mati Suri

Kawasan Wisata Danau Toba
Kawasan Wisma Bahari Danau Toba

MUDANEWS.COM, Samosir – Memasuki Pekan kedua Hari Raya Idul Fitri, Kawasan objek wisata Danau Toba dan sekitarnya, sepi pengunjung. Kondisi ini diperparah dengan adanya pengetatan memasuki Kawasan wisata ini, disebabkan masih diberlakukannya kebijakan pembatasan akses keluar masuk di sekitar Kawasan wisata dikhawatirkan penyebaran Covid.

“Kondisi saat ini, Kawasan Danau Toba dan sekitarnya seperti Kota mati, tidak ada lagi aktifitas wisatawan yang datang dan berkunjung ke Kawasan wisata Danau Toba, baik di Kota Parapat maupun di tempat destinasi Wisata lainnya di Kawasan Danau Toba ini,” ujar Saragih kepada awak media mudanews.com, Rabu (19/5/2021) di Kota Parapat.

Situasi seperti ini sudah terjadi hampir satu tahun lebih dan para pelaku usaha pariwisata di wilayah Danau Toba dan sekitarnya, berharap momentum liburan Hari Raya Idul Fitri ini, jumlah wisatawan yang datang untuk berliburan di Danau Toba dapat mendongkrak penghasilan para pelaku usaha pariwisata Danau Toba dan sekitarnya.

“Bagi kami sebagai pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata situasi saat ini sangat berat, semua lini usaha pariwisata disini terpukul, mulai usaha transportasi, hotel, restoran dan kuliner semuanya terpuruk, dan kami harus memutar otak bagaimana dapat bertahan di tengah kondisi sulit seperti ini,” ujar pengusaha souvernir di Kawasan Pantai Parapat ini.

Kawasan Wisata Danau Toba
Kapal penyeberangan Kawasan Danau Toba

Kota Parapat dan Kawasan objek wisata lainnya yang berada di sekitaran Danau Toba, masih memberlakukan pengetatan akses keluar masuk ke Kawasan Danau Toba, mengingat kondisi Pandemi covid di khawatirkan akan terjadi penyebaran dan penularan, kebijakan ini di berlakukan guna menekan angka penularan dan penyebaran Covid.

Sepanjang pemantauan dari malam hari dibeberapa objek wisata Pantai Parapat seperti kawasan kuliner dan souvernir Pantai Pagoda sepi dan diperparah dengan kurangnya pencahayaan lampu-lampu jalan saat malam hari, jalanan sepi dan tidak tampak aktifitas wisata. Bisa dibilang, Kawasan Wisata Danau Toba sedang mati suri. (AS)