HMI Gelar Dialog Publik, Bahas Pembangunan Kota Medan

HMI Gelar Dialog Publik
Ketua Umum Badko HMI Sumut 2016-2018 Septian Fujiansyah Chaniago, Kadis Perkimtaru Kota Medan Benny Iskandar, Ketum Badko HMI Sumut Muhammad Alwi Hasbi Silalahi, Kepala Bulog Sumatera Utara Arifin Mandu, Ketua PGK Sumut Hendra Hidayat dan Dosen UNPAS, Mantan Ketua Umum HMI Cabang Bandung Muhammad Rizki Yusro

MUDANEWS.COM, Medan – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut) menggelar dialog publik dan buka puasa bersama mengangkat tema “Peran Strategis HMI Perkuat Kolaborasi dalam Membangun Kota Medan“ bertempat di Mie Ayam Jamur H Mahmud Jalan Abdullah Lubis, kota Medan, Senin (19/4/2021).

Dalam dialog tersebut membahas tentang bagaimana peran serta keterlibatan HMI dalam mewujudkan Visi Misi Walikota, Kolaborasi Medan Berkah, narasumber yang berhadir yaitu Benny Iskandar (Kadis Perkimtaru Kota Medan), Hendra Hidayat (Ketua PGK Sumut), Muhammad Rizki Yusro (Dosen UNPAS, Mantan Ketua Umum HMI Cabang Bandung) dan dimodelatori oleh Mus’ab.

Kadis Perkimtaru Kota Medan Benny Iskandar memaparkan beberapa masalah apa saja yang terkait di dalam kota Medan mengenai kebersihan, yaitu penimbunan sampah yang menggunung.

“Oleh sebab itu, Walikota Medan getol betul melakukan giat kebersihan, baik di tingkat kelurahan dengan membersihkan gorong-gorong yang menjadi faktor penumpukan sampai di kota Medan dan Walikota Medan Bobby Nasution akan menjadikan bangunan kota tua menjadi salah satu ikon kota Medan yang nasional maupun internasional,” jelas Iskandar.

Sementara Hendra Hidayat selaku Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK Sumut) memaparkan bahwasanya kota Medan adalah kota terbesar ke 3 di Indonesia dengan karakter multi etnik yang dimiliki masyarakatnya.

“Tentu ini menjadi modal besar bagi kota Medan, jika dikelola dengan baik. Namun sebaliknya bisa berdampak semakin buruk, jika sumber daya manusianya tidak diarahkan untuk ikut serta membangun kota ini,” imbuh Hendra.

Ia mengungkapkan, persoalan banjir, sampah dan lainnya sebagainya adalah persoalan klasik yang tidak berkesudahan. Ini menjadi PR bagi Pemko Medan dibawah pimpinan Walikota dan Wakil Walikota Medan.

“Dengan dipimpinnya kota Medan oleh Bapak Bobby Nasution, masyarakat Medan berharap pembangunan di kota Medan tumbuh dengan semangat baru, semangat muda yang bisa menjawab problem dimasyarakat. Kader HMI yang tersebar diberbagai kampus di kota Medan tentunya adalah potensi besar anak muda yang bisa diberdayakanan untuk berkolaborasi dengan Pemko Medan untuk mewujudkan Medan Berkah,” tutur Hendra.

Dosen UNPAS Muhammad Rizki Yusro menyampaikan bahwa perubahan dimasyarakat harus dimulai Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga bisa menjadi contoh baik dikalangan masyarakat kota Medan, dan HMI harus menjadi penghubung atas program-program yang dapat di kolaborasikan dengan masyarakat dengan sumber daya yang dimiliki kader HMI.

Ketua Umum Badko HMI Sumut Muhammad Alwi Hasbi Silalahi menambahkan bahwa HMI juga harus menjadi inisiator penggerak, dimana sebagai kader HMI harus kreatif serta lebih berkontribusi menyampaikan ide dan aspirasi guna kemajuan kota Medan.

“Kader HMI adalah aset sekaligus potensi besar bagi Kota Medan. Kita akan kawal kebijakan Pemko Medan yang populis dan berpihak pada masyarakat bahkan sampai kedalam lorong-lorong pinggiran kota Medan. HMI siap bantu Pemko Medan berkolaborasi dan berbenah untuk mewujudkan Medan Berkah sesuai dengan Visi Misi Pak Walikota Medan,” pungkas Hasbi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bulog Sumatera Utara Arifin Mandu, Ketua Umum Badko HMI Sumut 2016-2018 Septian Fujiansyah Chaniago, Kader HMI Cabang Medan Arifatullah Manik, Ketua SAPMA PP Tebing Tinggi Febby Renaldy serta beberapa kader HMI yang ada di Sumatera Utara. (tim)