HUT Kabupaten Pandeglang di Tengah Pandemi Covid-19

HUT Kabupaten Pandeglang
Ketua Umum FORSAMMA 2019-2021, Syarifaeni Fahdiah

MUDANEWS.COM – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten yang jatuh pada 01 April setiap tahunnya biasanya menjadi ajang bagi masyarakat Kota Santri itu membuat rangkaian acara menarik untuk memeriahkan hari jadi Pandeglang tersebut.

Namun, HUT Kabupaten Pandeglang tahun ini tampaknya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, tahun ini diperingati di tengah pandemi Covid-19.

Biasanya ada beragam acara maupun lomba yang digelar untuk memeriahkannya, namun di masa pandemi ini masyarakat pun meniadakan lomba dan acara khas Hari Lahir Kabupaten Pandeglang. Namun hingga kini masyarakat Pandeglang masih optimis agar Kabupaten yang tercintanya bebas Covid agar ekonomi bangkit.

Optimisme itu akan selalu hadir ketika Pemkab Pandeglang terus bisa berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat, baik menengah ke bawah atau keatas melalui eksekusi 7 arah Pembangunan Tahun 2021 ini berjalan masif. Penanganan Kemiskinan Terpadu, Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan dan Pendidikan, Pemantapan dan Pemerataan Infrastruktur, Pengelolaan potensi sektor pertanian dan pariwisata, penguatan daya saing daerah, peningkatan investasi dan tata kelola daerah.

Hari Jadi ke 147 Kabupaten Pandeglang – angka yang bukan lagi usia muda – semua serentak menyuarakan Bebas Covid , Ekonomi Bangkit. Semoga tak hanya sekedar tagline tapi kita semua mampu berkolaborasi dari berbagai elemen.

Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang ekonomi misalnya tidak hanya berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi, akan tetapi pemerintah juga berperan dalam merencanakan,membimbing, dan mengarahkan terhadap jalannya roda perekonomian demi tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Dalam kegiatan ekonomi pemerintah berperan penting dalam mengatur arus atau jalur ekonomi dan mengatur ketentuan-ketentuan serta kebijakan dalam pelaksanaan. Semua ini demi terciptanya stabilitas ekonomi agar tidak merugikan masyarakat.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan beberapa cara diantaranya : Membuat peraturan-peraturan untuk mempertinggi efisiensi kegiatan ekonomi, seperti Menciptakan suasana ekonomi dan sosial yang mendorong kearah terciptanya kegiatan ekonomi yang efisien (Misal : penetapan standart kualitas) dan Menciptakan persaingan bebas, menghapus kekuatan monopoli. Selanjuta kita mampu menyelengarakan sendiri berbagai kegiatan ekonomi.

Selnlanjutnya hal yang lebih penting peran pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi yaitu dengan mengeluarkan kebijakan moneter dan Fiskal di bidang ekonomi. Kebijakan moneter adalah segala kebijakan pemerintah di bidang keuangan yang bertujuan menjaga kestabilan harga dan nilai mata uang.

Kebijaksanaan ini bertujuan menjaga kestabilan ekonomi secara keseluruhan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam bidang anggaran negara dengan tujuan untuk mempertahankan kestabilan proses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Selamat Hari Jadi ke 147 Kabupaten Pandeglang

Penulis : Syarifaeni Fahdiah (Ketua Umum FORSAMMA 2019-2021)