PT HKI Perbaikan Jalan Rusak di Wampu, Andalkan Program Padat Karya

PT HKI
Masyarakat memperbaiki jalan rusak di sekitar Kantor Camat Wampu, Kabupaten Langkat Sumut (mudanews.com)

MUDANEWS.COM, Langkat – PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) memperbaiki jalan yang rusak. Perbaikan jalan itu sebagai upaya sebagai pemulihan kembali jalan-jalan yang rusak dan berlubang akibat aktifitas Truck yang mengangkut tanah urug untuk penimbunan jalan tol yang melalui jalan tersebut.

Di sisi lain, pembangunan dilakukan secara seimbang antara pembangunan jalan Desa dan Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai – Langsa Seksi Binjai – Pangkalan Brandan Zona 3 guna Indonesia Maju.

PT HKI Perbaikan Jalan Rusak
Sekcam Wampu meninjaiu lokasi perbaikan jalan rusak dan berlubang

Turut hadir perbaikan jalan rusak itu Humas PT HKI, Sekcam Wampu Suyono SE, Kades Gohor Lama Sudarman SPdI.

Pantauan mudanews.com di lokasi, perbaikan jalan ini dapat dilihat mulai dari Kantor Camat Wampu hingga Desa Gohor Lama, Rabu (10/3/2021).

Jalan yang rusak ditimbun tanah sertu, diangkut menggunakan dum Truck, dan timbun masyarakat dengan alat seadanya menggunakan cangkul dan linggis.

Selain itu, Beton Precast (Beton Pracetak) lebar 1,5  meter dan panjang 4 meter untuk memperbaiki jalan yang rusak. Nantinya jalan yang berdebu akan disiram menggunakan air agar masyarakat nyaman melintas.

PT HKI Perbaikan Jalan Rusak di Wampu
Masyarakat memperbaiki jalan rusak di sekitar Kantor Camat Wampu, Kabupaten Langkat Sumut (mudanews.com)

“Penimbunan jalannya menggunakan tenaga pekerja masyarakat desa/kelurahan masing-masing,” kata salah seorang Humas HKI di lokasi perbaikan jalan.

PT HKI mengandalkan Program Padat Karya. Perbaikan jalan ini program padat karya adalah kegiatan pembangunan yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Dengan tujuannya yakni dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap.

“Program Padat Karya yang kita gunakan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat memperbaiki jalan secara kontinu (berkelanjutan-red) di desa masing-masing,” ujarnya.

PT HKI
PT HKI dan TNI merazia dum truck yang tidak menutup terpal saat mengangkut tanah urug (dok istimewa)

Selain itu, kata dia, PT HKI merazia dump truck yang yang melintas kompoi dan tidak menutup terpal saat mengangkut tanah urug.

Sementara Kades Gohor Lama Sudarman SPdI mengapresiasi langkah PT HKI memperbadayakan masyarakat yang pengangguran memperbaiki jalan yang rusak. Dijelaskannya, pekerjanya ada dari Badan Permusyawarah Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), KNPI, Karang Taruna, masyarakat dan remaja.

PT HKI Perbaikan Jalan Rusak
Masyarakat memperbaiki jalan rusak di sekitar Kantor Camat Wampu, Kabupaten Langkat Sumut (mudanews.com)

“Saya mau seputaran tol wilayah Desa Gohor Lama ini, HKI nya bagus pandangan masyarakat, vendornya berjalan sesuai dengan tupoksinya, bagus dan lancar, masyarakat diperdayakan memperbaiki jalan berlubang dan menyiram jalan yang berdebu,” tutur dia.

Sudarman berharap perbaikan jalan yang rusak dan berlubang ini dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya sampai disini saja. (red)