Rupiah Melemah Tembus 14.400, IHSG Mixed

Rupiah Melemah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Pada perdagangan pembukaan hari ini, IHSG bergerak sangat volatile, sempat menguat di sesi pembukaan perdagangan, namun tidak butuh waktu lama kembali ke zona merah. IHSG sempat dibuka naik di level 6.258,67. Namun sejauh ini sudah berada di kisaran level 6.226. Sementara itu bursa di Asia sejauh ini diperdagangkan mixed dengan kecenderungan mengalami penurunan.

“Disisi lain, mata uang Rupiah kembali melemah cukup dalam. Rupiah ditransaksikan di kisaran level 14.437 per US Dolar sejauh ini. Kinerja mata uang Rupiah mengalami tekanan hebat seiring dengan masih dihantui kenaikan yield treasury di AS, ditambah kekuatiran kenaikan harga minyak mentah dunia yang bisa memicu peningkatan impor nasional,” jelas Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/3/2021).

Benjamin mengatakan ini yang menjadi akar masalah pelemahan rupiah saat ini. Disisi lainnya, kinerja mata uang rupiah maupun IHSG pada dasarnya memiliki potensi menguat jika stimulus yang digelontorkan di AS benar-benar terealisasi. Walaupun dampak dari pemulihan kinerjanya diperkirakan hanya berlangsung jangka pendek.

“Untuk IHSG akan berfluktuasi hingga sesi penutupan perdagangan hari ini. Sementara rupiah kinerjanya masih akan melemah dan berpeluang di teritori negative selama sesi perdagangan,” ujarnya. (red)