IHSG dan Rupiah Ditutup Turun

IHSG dan Rupiah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Lagi, kinerja IHSG masih berfluktuasi. Sempat bergerak di dua zona, IHSG yang mencoba melawan tekanan akhirnya ditutup melemah pada perdagangan hari ini. IHSG anjlok 0.78%, di level 6.199,65. IHSG ditutup turun di bawah level 6.200. Yang mengindikasikan adanya potensi tekanan lanjutan secara teknikal.

“Sementara itu, kinerja harga mata uang rupiah ditutu melemah di atas level psikologis 14.400. Rupiah ditutup di level 14.405 per US Dolar. Meskipun di sesi perdagangan pagi sempat melemah hingga mencapai 14.460 per US Dolarnya,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/3/2021).

Dengan demikian, jelas Benjamin, kinerja pasar keuangan yang memburuk pada hari ini seakan mengabaikan kebijakan stimulus yang digelontorkan oleh AS nantinya. Sementara itu, pelemahan bursa pada hari ini juga tidak terlepas dari kekuatiran akan kenaikan yield treasury serta minimnya sentiment positif yang menopang kinerja pasar keuangan.

“Sejauh ini, dampak dari kenaikan yield bukan hanya menekan kinerja Rupiah dan IHSG. Bahkan kinerja harga meas juga terpuruk seiring dengan aset dala US Dolar yang lebih menarik dibandingkan dengan aset dalam bentuk lainnya. Khususnya aset yang dinilai lebih beresiko di negara berkembang,” ujar Benjamin. (red)