Akhir Pekan, Rupiah Turun, IHSG Naik

Akhir Pekan
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Sempat tertekan di sesi perdagangan pertama, IHSG yang selama sesi perdagangan bolak balik di dua zona. Pada akhirnya mampu ditutup menguat.

“IHSG ditutup naik 0.51% di level 6.231,93. Posisi pasar keuangan di kawasan Asia pada perdagangan hari ini juga ditutup dengan variasi. Dimana memang sejumlah bursa di kawasan Asia mampu ditutup di zona hijau,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (19/2/2021).

Sementara itu, jelas Benjamin, kinerja mata uang rupiah pada perdagangan hari ini justru melemah. Rupiah ditutup turun di level 14.065 per US Dolar. Secara keseluruhan di pekan ini, baik Rupiah dan IHSG pada dasarnya secara rata-rata mengalami penguatan. Meskipun Rupiah kurang begitu beruntung diperdagangkan di akhir pekan.

“Walaupun saya melihat Rupiah cukup kuat menahan tekanan dari kebijakan Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuannya. Kebijakan tersebut tidak lantas membuat rupiah terpuruk. Meksipun melemah, namun pelemahan Rupiah masih dalam rentang angka yang terbatas. Dan tidak terjadi pembalikan modal,” ujarnya.

Dia menjelaskan, karena memang disaat Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuannya. Perbedaan suku bunga acuan antara US Dolar dan Rupiah kian mengecil. Daya tarik Rupiah akan memudar. Namun saat ini kondisinya tidak seburuk itu. Masalah mendasar pada ekonomi AS juga tidak begitu baik dalam menopang kinerja mata uang US Dolar.

“Jadi kebijakan Bank Indonesia dalam menurunkan bunga acuan sangat tepat. Kekuatiran akan pelemahan ekstrim pada Rupiah tidak terjadi. Dan kita mengharapkan kebijakan penurunan suku bunga acuan tersebut juga diikuti penurunan bunga di perbankan kita. Agar ekonomi bisa lebih mudah di akselerasi,” tandasnya. (red)