Pembukaan Perdagangan, IHSG Naik dan Rupiah Stabil

Pembukaan Perdagangan, IHSG Naik dan Rupiah Stabil
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG pada pembukaan perdagangan hari ini mengalami penguatan tipis 0.042% di level 6.230,36. Sementara mata uang rupiah stabil di kisaran 14.020 per US Dolar. Kinerja pasar keuangan disesi pembukaan seakan menunjukan tidak terjadi gejolak besar pada pasar keuangan secara keseluruhan. Namun, pelaku pasar harus berhati hati disini.

“Karena kita tengah menanti kebijakan yang akan diambil oleh Bank Indonesia. Apakah seperti wacana sebelumnya terkait dengan kemungkinan pemangkasan bunga acuan. Atau justru tidak ada pemangkasan sama sekali. Dan sejauh ini bursa di kawasan regional juga masih berpeluang untuk melanjutkan koreksi. Dan tentunya potensial membuat koreksi pada bursa di tanah air,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (18/2/2021).

Sejauh ini memang BI memberikan sinyalemen kuat untuk menurunkan bunga acuan. Penurunan bunga acuan memang akan mendorong kinerja bursa saham untuk menguat. Dan rupiah bisa sja terkoreksi. Akan tetapi itu masih hitung-hitungan di atas kertas. Belum berkorelasi 100% terhadap kinerja pasar keuangan.

“Yang penting pelaku pasr tetap mewaspadai kemungkinan koreksi pada hari ini. Meskipun sejauh ini koreksi tersbeut belum muncul. Setidaknya potensi koreksi terbuka dikarenakan sentiment teknikal yang tidak begitu mendukung penguatan,” ujarnya. (red)