IHSG dan Rupiah Berpotensi Turun

IHSG dan Rupiah Berpotensi Turun
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG terpantau mengalami penguatan di sesi pembukaan. IHSG dibuka menguat tipis di level 6.292,97. Akan tetapi dengan posisi IHSG yang sudah mendekati level psikologis 6.300 tersebut, sebenarnya IHSG berpeluang untuk mengalami koreksi pada perdagangan hari ini.

“Secara teknikal IHSG berpeluang untuk turun. Ditambah lagi sejumlah bursa di Asia juga mengalami penurunan pada perdagangan pagi,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, lanjut Benjamin, mata uang Rupiah terpantau mengalami pelemahan di sesi pembukaan perdagangan. Dan sejauh ini kinerja mata uang Rupiah juga mengalami pelemahan dikisaran 13.969 per US Dolar. Sejauh ini pelemahan Rupiah masih dipengaruhi oleh kemungkinan Bank Indonesia yang akan memangkas besaran suku bunga acuannya.

“Dengan pemangkasan tersebut, bisa jadi Rupiah akan kembali melemah terhadap US Dolar. Potensi Rupiah untuk menembus level psikologis 14.000 cukup terbuka. Dan sangat berpeluang untuk mengalami tekanan kalau ekspektasi pemulihan ekonomi AS justru menggiring pelaku pasar untuk membnuru aset-aset dalam mata uang US Dolar,” papar Benjamin. (red)