IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat di Awal Pekan

Jelang Rilis Data PDB
Gunawan Benjamin

MUDANEWS.COM, Medan – Pagi ini IHSG dibuka menguat di level 6.193,55. Dan sejuah ini IHSG mampu melewati level psikologis 6.200. Beberapa data ekonomi memang diperkirakan akan mengalami pemulihan di pekan ini.

“Data tersebut sejauh ini menjadi katalis bagi penguatan IHSG. Kinerja IHSG yang membaik saat ini juga mampu mengabaikan hujan lebat dan banjir di sejumlah wilayah di pulau jawa,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (8/2/2021).

Hal yang sama juga ditunjukan oleh kinerja sejumlah bursa di Asia. Dimana bursa di Asia pada perdagangan pagi ini juga diperdagangkan menguat.

“Disisi lain, Kinerja mata uang Rupiah pada pembukaan perdagangan hari ini juga mengalami penguatan. Dimana Rupiah menguat dikisaran level 14.000 per US Dolar saat ini,” jelas dia.

Namun pelaku pasar harus mewanti-wanti pernyataan presiden AS Joe Biden. Akan ada persaingan ekstrim antara AS dengan China.

“Ini sebagai sinyalemen yang kurang begitu baik bagi pasar keuangan global. Walaupun kita belum mengetahui langkah seperti apa yang akan diambil nantinya terkait dengan perang dagang ekstrim tersebut,” ujarnya.

Akan tetapi sebaiknya kita terus mewaspadai gejolak yang ditimbulkan dari perselisihan dagang antara AS dengan China.

“Karena sangat berpeluang untuk menggiring pergerakan pasar kea rah yang lebih buruk. Sekalipun ada rilis data ekonomi yang positif,” jelas Benjamin. (red)