Jelang Rilis Data PDB, IHSG Naik, Rupiah Turun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Menjelang dirilisnya data Produk Domestik Bruto (PDB) pada pagi ini, IHSG masih mampu dibuka menguat. IHSG dibuka naik di level 6.136,39. Walaupun sejauh ini terlihat penguatan IHSG mulai tergerus.

“Pelaku pasar saat ini tengah bimbang menjelang rilis data tersebut. Jika lebih buruk dari konsensus sebelumnya maka IHSG berpeluang untuk mengalami tekanan,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (5/1/2021).

Akan tetapi IHSG akan mendapatkan dorongan dari penguatan sejumlah bursa di Asia. Sejauh ini, bursa di Asia mengalami kinerja yang sangat bagus yang bisa menopang kinerja IHSG. Meskipun arah dari pergerakan IHSG nantinya akan sangat ditentukan oleh rilis data PDB tanah air untuk tahun 2020.

“Berbeda dengan IHSG, mata uang rupiah justru mengalami pelemahan pada perdagangan hari ini. Rupiah terpantau melemah di level 14.037 per US Dolar. Disinyalir tekanan Rupiah datang dari prosfek pertumbuhan ekonomi nasional yang masih akan melanjutkan resesi,” imbuhnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini