Gejolak di Pasar Saham Sementara Berakhir

Pasar Saham
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada perdagangan pembukaan hari ini menguat. Sempat dibuka naik di level 6.119,01, meskipun sejauh ini penguatannya tergerus, walaun masih tetap mampu berada di zona hijau dan berkonsolidasi kisaran level 6.100-an. Kinerja sejumlah bursa global yang membaik menjadi motor penggeraknya. Meskipun hanya bermodalkan teknikal, IHSG masih berpeluang untuk bergerak di zona hijau.

“Jika mengacu kepada sentiment teknikal. Saya melihat IHSG akan bolak balik dikisaran 6.070-an hingga ke level 6.130. Sehingga ruang gerak IHSG nantinya tidak akan berada jauh. Walaupun tetap saja saya menyarankan agar pelaku pasar banyak mengamati perkembangan terkini terkait dengan fundamental suatu perusahaan maupun kebijakan sebuah negara yang berdampak pada kinerja harga saham,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (2/2/2021).

Sementara itu, lanjut Benjamin, disisi lain mata uang rupiah sedikit mengalami pelemahan. Rupiah sejauh ini diperdagangkan turun dikisaran 14.033 per US Dolar.

“Meski demikian kinerjamata uang rupiah juga terlihat stabil tanpa tertekan atau terapresiasi secara signifikan. Jadi untuk sementar kita akan terhindar dari kemungkinan gejolak pasar keuangan yang tajam,” ujarnya. (red)