Kembali Terpuruk di Awal Pekan, IHSG dekati 5.700

IHSG Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dibuka stabil dan bahkan nyaris tidak bergerak di sesi pembukaan perdagangan.

“IHSG dibuka sama melemah tipis di level 5.856,78 atau turun 0.095%. Sementara kinerja sejumlah bursa asia mampu menghijau pada perdagangan pembukaan pagi ini,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/2/2021).

Nah, kinerja IHSG yang tidak begitu banyak bergerak tersebut justru terlihat bingung. Padahal sejumlah kinerja bursa di negara tetangga terlihat membaik, yang seharusnya bisa memberikan keyakinan bahwa IHSG juga berpeluang untuk menguat.

Namun, jelas Benjamin, setelah sesi pembukaan berlalu, selang sekitar 5 menit, IHSG sudah terpuruk menuju level resiten 5.730. IHSG sejauh ini terpental 1.67%, memunculkan kekuatiran akan tekanan yang lebih besar lagi di bawah 5.700. Dengan berkaca kepada kinerja sejumlah bursa di Asia yang membaik.

“Saya melihat IHSG berpeluang berayun yang bisa dimanfaatkan investor untuk transaksi jangka pendek,” ujarnya.

Benjamin memaparkan, potensi IHSG bergerak dari 5.730-an dan kembali ke 5.800-am atau setidaknya mendekati penutupan akhir pekan lalu cukup terbuka. Jadi voaltilitasnya tetap akan tercipta, meskipun fluktuasi pada IHSG akan berada di zona negatif nantinya.

“Sesi kedua akan menjadi pembuktian bagaimana tren kinerja IHSG nantinya. Sesi 2 akan memberikan gambaran yang lebih jelas kemungkinan arah pergerakan IHSG selanjutnya, karena bursa eropa dan sejumlah data ekonomi akan dirilis,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, kinerja mata uang rupiah yang sempat sedikit dibuka melemah, sejauh ini mampu berbalik dan sedikit menguat dikisaran level 14.027 per US Dolar. Rupiah cukup stabil dengan berkonsolidasi dikisaran 14.000-an sejauh ini. (red)