RI Siapkan 55.000 Hektare Buat Investor China

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Pemerintah telah menyiapkan sebanyak 127 kawasan industri dengan total luas 55.000 hektare untuk menyambut investor asing yang merelokasi pabriknya ke Indonesia, salah satunya investor China.

Direktur Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito mengatakan, terdapat 127 area industri seluas total 55.000 hektare yang siap menyambut kegiatan relokasi dari para investor global, seperti China.

Lahan untuk kebutuhan investasi baru itu terbagi menjadi tiga kelompok, yakni kawasan yang ada di Pantai Utara Jawa, kawasan dalam daftar proyek strategis nasional, serta kawasan hijau proyek alias yang masih minim infrastruktur.

“Investor bisa masuk ke mana saja sesuai dengan karakter wilayah yang mereka inginkan,” kata Warsito dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Menurut Warsito, selain kawasan industri terpadu Batang di Jawa Tengah yang dijadikan andalan pemerintah untuk menyambut investasi baru, sejumlah kawasan industri di sepanjang Pantura juga turut disodorkan karena telah mumpuni dari sisi infrastruktur penunjang produksi ataupun jalur rantai pasok.

Kemenperin mencatat, hingga akhir tahun lalu, terdapat sedikitnya 70 kawasan industri existing yang memanjang di wilayah Pantura Jawa seluas lebih dari 36 ribu Ha.

Kemudian, sebanyak 39 kawasan seluas 18 Ha berada di Jawa Barat. Sisanya terkenal di Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, serta DKI Jakarta.

Warsito menambahkan, kawasan industri yang masuk ke dalam daftar proyek strategis nasional, meski beberapa di antaranya masih dalam masa konstruksi.

“Kemenperin juga mendorong investor masuk ke kawasan hijau proyek yang dikembangkan di wilayah-wilayah terluar Indonesia,” tandasnya. (idx)

- Advertisement -

Berita Terkini