Masih Wait And See, IHSG dan Rupiah Bergerak Datar

Rupiah dan IHSG
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja pasar keuangan di Asia kembali tidak menunjukan adanya pergerakan yang berarti. Semuanya terbilang bergerak melandai atau sideways. Menjelang rapat Gubernur Bank Sentral AS, pelaku pasar lebih mengambil sikap wait and see.

“Pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG dibuka menguat tipis di level 6.153,08. Belum terlihat secara pasti kemana arah IHSG hari ini. Dikarenakan minimnya sentimen ditambah dengan bursa di Asia yang juga bergerak stabil. Kinerja bursa saham domstik pada hari ini masih berpeluang untuk diperdagangkan di dua zona,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (27/1/2021).

Waspadai tekanan akibat aksi profit taking yang bisa berlanjut pada hari ini.

“Meski demikian kalaupun turun saya menilai IHSG masih akan berkonsolidasi terlebih dahulu dan sedikit tertahan di atas level psikologis 6.100. Dan kalaupun menguat nantinya akan tertahan di level 6.170-an,

Sementara itu, kata Benjamin, kinerja mata uang rupiah di pembukaan perdagangan pagi ini terpantau menguat tipis di level 14.050 per US Dolar.

“Kinerja mata uang rupiah tak ubahnya IHSG yang juga masih membutuhkan sinyal kuat untuk bergerak. Dan pelaku pasar sepertinya tidak akan banyak melakukan aktifitas. Terlebih di sesi pertama perdagangan hari ini,” ujarnya. (red)