Euforia Biden Sirna, IHSG Turun, Rupiah Menguat

IHSG Turun Rupiah Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Meski sempat menguat pada sesi pembukaan, Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG harus puas ditutup minus pada sesi penutupan. IHSG ditutup turun 0.25% di level 6.413,89. Kinerja IHSG melemah seiring dengan memudarnya efek biden di pasar keuangan.

“Dari sejumlah program kerja yang disampaikan, belum ada upaya konkrit untuk mengurangi beban ekonomi global setelah AS menyatakan “perang” dengan china di 2018 silam hingga hari ini,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (21/1/2021).

Kondisi ekonomi global akan sama seperti sebelumnya. Hanya program stimulus yang digelontorkan nantinya oleh AS yang akan mempengaruhi pasar. Selebihnya tidak ada banyak perubahan.

“Data-data ekonomi yang akan dirilis nantinya yang menjadi arahan pasar selanjutnya. Prosfek pemulihan ekonomi global belum terlihat jelas saat ini. China dan AS masih akan menjadi hambatan dalam proses pemulihan global karena keduanya masih akan terus bersiteru,” beber Benjamin.

Berbeda kinerja dengan IHSG, mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup menguat di level 14.000 per US Dolar. “Terdorong oleh dua faktor, yakni ditahannya suku bunga oleh Bank Indonesia di level 3.75%. Serta tren US Dolar yang melemah karena akan ada stimulus dari AS yang akan membuat spply US Dolar di pasar keuangan melimpah,” jelas Benjamin. (red)