Program Kerja Biden Disambut Antusias Pasar, IHSG dan Rupiah Menguat

IHSG dan Rupiah Menguat
Gunawan Bnejamin

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG pada hari sangat mengesankan. IHSG naik tajam 1.71% di level 6.429,,76, Meskipun sempat terpuruk di awal sesi pembukaan perdagangan. Pelaku pasar kembali dinaungi kabar positif seiring program kilat Joe Biden yang telah dicetuskan. Dari beberapa programnya tersebut, saya mencermati ada rencana pembukaan sekolah dan dunia usaha.

“Program kilat di awal menjabat tersebut memang memberikan gambaran bahwa AS siap bangkit dari keterpurukan karena pandemic Covid-19 selama ini. Namun, program tersebut belum secara rinci dijabarkan dalam tatanan teknisnya. Selain itu, program tersebut justru bisa membuat penambahan jumlah pasien Covid-19 mengalami kenaikan,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (20/1/2021).

Jadi kalau kita mengasumsikan bahwa AS akan membuka dunia usahanya kembali, berarti ini hanya sentiment sesaat dan penuh resiko. Dan secara keseluruhan saya melihat program kerja Joe Biden yang diutarakan belum memberikan penjelasan kongkrit, terkait bagaimana menyelesaikan masalah ekonomi dunia seiring intensitas perang dagang, serta kemungkinan agresi militer di laut china selatan.

“Jadi saya menilai pelaku pasar terlalu dini jika bereuforia dengan sejumlah langkah Biden tersebut. Dan kenaikan kinerja pasar saham hari ini tidak terlepas dari aksi beli asing yang mencapai 1.6 Trilyun. Disisi lain, mata uang Rupiah menguat di kisaran level 14.035 per US dolar,” jelasnya. (red)