Sempat Naik, IHSG Akhirnya Dilanda Aksi Jual

Sempat Naik, IHSG Akhirnya Dilanda Aksi Jual
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini bergerak di zona hijau. Hingga IHSG ditutup, IHSG masih mampu berada di zona hijau meskipun kenaikan IHSG yang sempat naik tinggi terkikis hingga sesi penutupan.

“IHSG yang sempat naik di atas level psikologis 6.100, terpaksa ditutup turun 0.94% di level 6.036,17. Kinerja IHSG sendiri mengalami pukulan setelah investor asing melakukan aksi jual,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (29/12/2020).

Dengan tren yang cenderung turun selama sesi perdagangan berlangsung. Maka investor harus mewaspadai kemungkinan tekanan pada IHSG saat jelang libur tahun baru besok (30/12). Meskipun belum terlihat adanya potensi tekanan yang besar, namun koreksi sehat bisa saja terjadi saat pelaku pasar lebih cenderung menghindari resiko saat jelang tahun baru tersebut.

“Sementara itu, kinerja mata uang rupiah pada perdagangan hari ini ditransaksikan menguat dan ditutup di level 14.130 per US Dolar. Kinerja Rupiah bertolak belakang dengan IHSG. Dimana Rupiah justru membukukan tren positif selama ditransaksikan pada perdagangan hari ini,” papar Gunawan Benjamin. (red)