Hilang Satu Kekuatiran Besar, IHSG Tidak Seburuk Perkiraan Sebelumnya

Hilang Satu Kekuatiran Besar, IHSG Tidak Seburuk Perkiraan Sebelumnya
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Satu hari menjelang penutupan perdagangan saham. IHSG kembali dibuka menguat pada perdagangan hari ini. Kinerja IHSG tengah dinaungi kabar positif terkait dengan sikap Presiden AS Donald Trump yang kemarin bersedia untuk menandatangani bailout senilai $900 milyar. Kebijkan tesebut membuat bursa global mengalami penguatan. Dan pagi ini sejumlah bursa di Asia naik dan IHSG juga mengalami kenaikan.

“IHSG pada perdagangan pembukaan naik di level 6.112,72. Dan sejauh ini masih berada di zona hijau. Hanya saja kenaikan IHSG jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kinerja bursa di asia pagi ini. Jadi saya menilai IHSG tetap akan berada di zona hijau hingga penutupan. Meksipun akan berayun dengan rentang angka yang cukup lebar,” papar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (29/12/2020).

Satu sentiment buruk yang sempat kita kuatirkan telah sirna kemarin. Jadi menjelang akhir tahun ini IHSG berpeluang akan berada diatas level 6.000-an. Kecil sekali kemungkinan terjadinya koreksi teknikal dipenghujung tahun ini. Sehingga investor bisa bernafas lega. Yang penting tidak ada sentiment buruk yang datang tiba-tiba lantas membuat IHSG turun tajam.

“Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah pada perdagangan pagi ini sedikit menguat di level 14.147 per US Dolar. Kinerja Rupiah seperti enggan untuk menguat lebih jauh. Padahal paket stimulus yang digelontorkan AS pada dasarnya akan membuat kinerja mata uang US Dolar bisa saja memburuk,” imbuhnya. (red)