APBN 2021, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp110 Triliun untuk Bansos Hingga Diskon Listrik

APBN 2021, Pemerintah Siapkan Anggaran Rp110 Triliun untuk Bansos Hingga Diskon Listrik
Presiden Jokowi

MUDANEWS.COM, Jakarta – Pemerintah Pusat menyalurkan bantuan sosial di tahun 2020. Di tahun depan pemerintah tetap menyalurkan bantuan untuk masyarakat

“Kita sudah berada di penghujung tahun 2020, dan segera memasuki tahun yang baru. Di tahun 2021, pemerintah tetap menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat,” tulis Presiden Jokowi dalam akun instagram @jokowi, Selasa (29/12/2020).

Jokowi menjelaskan, pada APBN tahun 2021, anggaran sebesar Rp110 triliun telah disiapkan oleh pemerintah untuk melanjutkan program perlindungan sosial berupa program kartu sembako kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH), bansos tunai bagi 10 juta KPM, program Kartu Prakerja, Dana Desa, dan diskon listrik.

Jokowi mengatakan, pagi tadi, dalam rapat terbatas, saya menekankan agar bansos tersebut segera disalurkan di bulan Januari. Jangan sampai mundur. Ini menyangkut daya beli masyarakat, konsumsi rumah tangga, sekaligus daya ungkit untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

“Pesan saya kepada jajaran pemerintah: bansos disalurkan dengan tepat sasaran. Jika diperlukan perbaikan data, libatkan pemerintah daerah. Dan jangan ada potongan-potongan dalam bentuk apapun,” tulis Jokowi. (red)