Ada Mutasi Corona Baru, IHSG Masuk Zona Merah

Ada Mutasi Corona Baru, IHSG Masuk Zona Merah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Setelah IHSG bergerak anomali kemarin, IHSG pada sesi pembukaan perdagangan hari ini dibuka melemah. IHSG melemah seiring dengan pelemahan bursa di Asia.

“Mengawali pembukaan perdagangan pagi ini IHSG dibuka turun 0.31% di level 6.146,65. Kinerja IHSG pada hari ini berpeluang untuk berada di zona merah seiring ketakutan pelaku pasar akan penyabaran Covid-19,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (22/12/2020).

Pelaku pasar masih mencermati perkembangan kasus corona di Eropa yang sejauh ini mengkuatirkan pelaku pasar. Karena mutasi corona yang memburuk. “Akibat data tersebut, pelaku pasar menyakini kalau tekanan di pasar keuangan akan berlanjut. Meskipun semikian untuk IHSG, saya melihat potensi IHSG berada di atas 6.100 masih ada,” ujarnya.

Benjamin belum melihat adanya potensi tekanan jual yang massif sejauh ini. Meskipun berpeluang di zona merah, IHSG secara teknikal masih tetap berpeluang untuk berada di zona hijau. Walaupun peluang tersebut untuk hari ini terbilang sangat kecil.

“Senada dengan IHSG, mata uang Rupiah juga mengalami pelemahan kinerja belakangan ini. Rupiah diperdagangkan di level 14.160 saat ini, setelah sempat dibuka melemah di level 14.137 per US Dolar,” imbuhnya.

Akan tetapi, kata Benjamin, berbeda dengan harga emas, belakangan emas mengalami kenaikan seiring dengan kebijakan stimulus di AS yang menekan US Dolar, serta memburuknya penambahan kasus Covid-19. Emas saat ini ditransaksikan di kisaran level $1.881 per once troy. (red)