IHSG dan Rupiah Sama-Sama Turun Tipis di Akhir Pekan

Cukup Tenang, IHSG dan Rupiah Bergerak Sideways
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Pola pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini tidak jauh berbeda dengan pola pergerakan sehari sebelumnya. IHSG bergerak di dua zona dengan fluktuasi harga yang sangat terbatas.

“IHSG selama sesi perdagangan sempat menyentuh level tertinggi 6.142,86 dan terendah di level 6.091,40. Dan pada akhirnya IHSG ditutup melemah tipis 0.15% di level 6.104,32,” papar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (18/12/2020).

IHSG masih mampu bertahan di atas 6.100. Dan jika tidak ada sentimen negatif yang mampu menggerakan pasar di pekan depan. IHSG berpeluang akan bergerak di kisaran angka yang tidak jauh berbeda.

“Menjelang libur natal hingga tahun baru, besar kemungkinan IHSG akan bergerak landai tanpa mengalami gejolak harga yang signifikan,” ujarnya.

IHSG sendiri pada dasarnya mengalami tekanan jual dari investor asing. Dimana asing membukukan transaksi jual bersih atau net sell sebanyak 2.68 Trilyun.

“Namun demikian meskipun asing membukukan transaksi jual signifikan. IHSG tidak mengalami keterpurukan yang dalam,” ujarnya.

Mata uang Rupiah disisi lainnya juga bergerak melandai belakangan ini. “Rupiah ditutup melemah tipis di level 14.110 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah di akhir pekan ini juga tidak jauh berbeda dengan kinerja sehari sebeumnya yang ditutup di level 14.107 per US Dolar,” imbuhnya. (red)