Cukup Tenang, IHSG dan Rupiah Bergerak Sideways

Cukup Tenang, IHSG dan Rupiah Bergerak Sideways
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, IHSG dibuka stabil dengan kecenderungan menguat. IHSG dibuka naik di level 6.133,10. Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan tidak jauh berbeda dengan kinerja pasar keuangan di Asia. Dimana, sejumlah bursa di Asia bergerak mixed. Dengan kinerja yang relatif stagnan ini, maka IHSG tidak akan beranjak jauh dari penutupan perdagangan sebelumnya.

“Besar kemungkinan IHSG bergerak dalam rentang 6.100 hingga 6.170 nantinya. Pada perdagangan kemarin IHSG naik seiring dengan investor asing yang membukukan transaksi beli bersih di atas 800 Milyar. Dan hari ini sentiment yang berkembang sangat sedikit,” kata Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (17/12/2020).

Jadi kalaupun tren kenaikan IHSG berlanjut, saya pikir tidak akan sekuat perdagangan kemarin. Dan kalaupun terjadi koreksi IHSG juga masih akan mampu bertahan di atas 6.100. Tekanan jual tidak terlihat sejauh ini. Tetapi jika ada investor yang keluar memanfaatkan kenaikan sebelumnya ini merupakan koreksi yang sehat.

“Sebaiknya hindari terlebih dahulu mengakumulasi saham di tengah kondisi pasar yang minim sentiment. Usahakan lebih banyak mengamati, dan tidak juga harus dibarengi dengan menjual saham yang berlebihan. Karena tren positif IHSG masih akan terbentuk nantinya,” ujarnya.

Di sisi lainnya, jelas Benjamin, kinerja mata uang Rupiah diperdagangkan stabil dengan kecenderungan menguat. Sejauh ini Rupiah hanya menguat tipis di level 14.120 per US Dolar. Tidak banyak berubah dari posisi penutupan perdagangan kemarin. (red)