IHSG Ditutup di Atas 6.000, Waspada Ada Profit Taking

Pilkada Berjalan Damai, IHSG dan Rupiah Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja pasar keuangan pada perdagangan hari ini, IHSG mengalami penguatan dan mampu ditutup di atas 6.000. IHSG ditutup naik 1.25% di level 6.012,52.

“Dengan kenaikan indeks di atas 6.000, maka secara teknikal IHSG berpeluang untuk bergerak di zona hijau dalam jangka pende. Hanya saja, dengan kinerja yang cukup bagus mampu ditutup di atas level psikologis. IHSG justru sangat rawan untuk dilanda aksi profit taking,” papar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (14/12/2020).

Benjamin menjelaskan, sehingga selanjutnya adalah pelaku pasar harap berhati-hati. Sentimen negatif yang kecil bisa memperburuk keadaan.

“Jadi kalau besok terjadi tekanan pada bursa global khususnya di Asia, maka IHSG sangat rentan untuk turun. Terlebih jika ada tekanan pada bursa di sesi pembukaan,” ungkapnya.

Tetapi melihat sejumlah indikator yang ada saat ini. Sejumlah bursa di Asia masih mampu ditutup di zona hijau.

“Bursa di eropa juga dibuka di zona hijau sejauh ini. Kinerja bursa saat ini masih sangat memungkinkan IHSG untuk bertahan di atas 6.000. Meskipun pelaku pasar diminta untuk lebih waspada berhadapan dengan kondisi seperti saat ini,” imbuhnya.

Disisi lainnya, kinerja mata uang rupiah ditutup melemah pada perdagangan hari ini. “Rupiah sempat turun di level 14.120 per US Dolar. Meskipun di sesi penutupan perdagangan Rupiah ditutup di level 14.095 per US Dolarnya,” jelas Benjamin. (red)