Pilkada Berjalan Damai, IHSG dan Rupiah Menguat

Pilkada Berjalan Damai, IHSG dan Rupiah Menguat
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja pasar keuangan global tidak begitu baik pada perdagangan sehari sebelumnya. Padahal saat hajatan Pilkada sejumlah bursa dunia berada di dalam zona hijau. Beberapa sentimen eksternal yang menghantui pasar keuangan pada hari ini adalah adanya temuan masyarakat yang alergi saat disuntik vaksin.

“Walaupun kabar tersebut sudah mendapat jawaban dari perusahaan penghasil vaksin. Dan tidak menjadi hal yang dirisaukan. Masalah eksternal selanjutnya adalah semakin tidak jelasnya kabar mengenai stimulus di AS. Sejauh ini kabar mengenai stimulus tersebut jauh dari harapan pasar. Yang mengakibatkan tekanan pada bursa global,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (10/12/2020).

Dari dalam negeri sentiment positif Pilkada yang berjalan damai menjadi kabar positif bagi pasar keuangan. Ditambah lagi indeks kepercayaan konsumen tengah membaik. Jadi internal setelah Pilkada menjadi sentiment positif bagi pasar keuangan. Hanya saja sentiment eksternal justru menunjukan gambaran sebaliknya.

“Pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG dibuka menguat di level 5.977. Meskipun secara teknikal masih akan kesulitan untuk menembus level psikologis 6.000. Sementara, mata uang Rupiah diperdagangkan menguat di level 14.095 per US Dolar,” imbuhnya. (red)