Pilkada Tidak Berimbas Pada Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Harga sejumlah kebutuhan pokok selama Pilkada bergerak stabil. Dari pantauan pada hari ini.

“Harga cabai merah masih berada di kisaran 37 hingga 40 ribu per Kg. Cabai rawit berada di kisaran 40 ribuan meskipun masih ada yang menjual 50 ribuan per Kg. Bawang merah stabil di kisaran 27 ribuan per kg. Bawang putih stabil dikisaran 24 ribuan per Kg,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, Rabu (9/12/2020) di Medan, Sumatera Utara.

Harga komoditas daging ayam stabil dalam rentang 30 hingga 33 ribu per Kg. Daging sapi tetap dalam rentang 105 hingga 130 ribu per Kg. Telur ayam stabil dikisaran angka 24 ribuan per Kg.

“Libur satu hari karena Pilkada tidak membuat efek besar terhadap perubahan sejumlah harga kebutuhan pokok,” ujarnya.

Dalam dua hari sebelumnya dimana cuaca lebih bersahabat, juga menjadi salah satu pemicu stabilnya sejumlah harga kebutuhan pokok pada hari ini.

“Dan harapan kedepan adalah tidak ada gejolak pada harga komoditas pangan mengingat ada beberapa wilayah yang sampai saat ini kerap dilanda hujan dengan intensitas tinggi,” ujarnya.

Beberapa harga kebutuhan pokok memang masih bertahan mahal. Salah satunya komoditas cabai. Tetapi memang sulit untuk menekan harganya seiring dengan cuaca yang kurang  bersahabat ditambah tren konsumsi yang meningkat di bulan Desember ini.

“Pilkada pada hari ini juga tidak diikuti dengan penurunan aktifitas di pasar tradisional yang turun signifikan. Sejauh ini aktifitas ekonomi di pasar tradisional memang sedikit lebih sepi dibandingkan dengan hari biasa. Akan tetapi, tidak seburuk penurunan kunjungan belanja pada hari libur panjang,” bebernya.

Omset pada hari ini, kata Benjamin, bisa saja mengalami penurunan meskipun dalam angka yang terbatas. Kita berharap tidak ada lagi banjir susulan yang bisa merusak keseimbangan pasar.

 

- Advertisement -

Berita Terkini