CPO Bertahan Mahal, Harga Migor Naik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja harga Crude Palm Oil (CPO) belakangan ini masih stabil dan bertahan mahal di atas 3.300 ringgit per ton. Harga CPO saat ini bertengger di kisaran angka 3332 ringgit per tonnya. Sangat baik bagi para petani kita. Tren harga CPO yang  naik ini tidak terlepas dari sejumlah isu. Seperti kemungkinan membaiknya hubungan dagang antara China dan AS.

Hal tersebut dipaparkan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Minggu (6/12/2020).

“Serta dipicu oleh optimism bahwa kinerja industri dunia maupun ekonomi global akan mengalami pemulihan setelah ditemukannya vaksin Covid-19. Jadi memang ada harapan pemulihan ekonomi yang bisa saja membuat kinerja harga CPO kedepan bisa mengalami penguatan. Karena ada harapan konsumsi CPO global mengalami pemulihan,” ujarnya.

Meskipun belum 100% jaminan kesana. Setidaknya ada beberapa isu penting yang mungkin perlu menjadi catatan khusus. Diantaranya kemungkinan perang dagang yang masih berlanjut setelah Presiden AS terpilih Joe Biden menjabat nantinya. Ini yang masih menjadi tanda tanya besar. Karena kalau berlanjut bisa saja tren penguatan harga CPO akan tertahan.

“Nah, dampak dari kenaikan harga CPO saat ini tentunya akan membuat petani senang. Petani akan diuntungkan dengan kenaikan harga CPO tersebut. Tetapi dampak nyata yang dialami konsumen saat ini adalah kenaikan harga minyak goreng,” ungkapnya.

Benjamin menjelaskan harga minyak goreng (Migor) yang sempat di kisaran 12.000 hingga 12.500 per Kg sebelumnya. Saat ini sudah beraa dikisaran 13.500 hingga 14.000 per Kg. Kenaikan harga tersebut trerjadi dalam sepekan terakhir. Jadi konsumen yang sangat dirugikan saat ini dengan kenaikan harga tersebut.

“Tetapi secara keseluruhan, kenaikan harga CPO lebih banyak memberikan kemaslahatan bagi masyarakat di Sumut. Mengingat Sumut yang lebih banyak mengandalkan sawit dalam porsi pertumbuhan ekonominya,” tandasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini